Tips Sehat

Rutin Makan Kacang Kenari Bikin Panjang Umur?

Selasa, 24 Januari 2023 | 15:18 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Rutin Makan Kacang Kenari Bikin Panjang Umur?

ILUSTRASI. Kacang kenari


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kacang kenari yang dikonsumsi secara rutin dalam porsi cukup bisa bikin jantung sehat dan berumur panjang. 

Sudah bukan rahasia bila kacang-kacangan memberikan banyak manfaat baik untuk kesehatan. 

Baca Juga: Selain Teh Kemangi, Ini Teh Berbahan Alami yang Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kacang kenari, salah satu jenis kacang yang disebut-sebut bermanfaat menjaga kesehatan jantung, benarkah demikian? 

Mengutip dari Verywell Health, hasil penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition, Metabolism, and Cardiovascular Disease yang melibatkan 3.000 orang dewasa berusia 18-30 tahun di seluruh Amerika Serikat (Birmingham, Alabama, Oakland, dan California) mengamati hubungan konsumsi kacang kenari, kacang lainnya, dengan penyakit jantung. 

Hasil penelitian menyebutkan bahwa adanya efek positif dari kacang-kacangan termasuk kacang kenari pada kesehatan jantung. Para peneliti mencatat bahwa: 

Konsumen kenari memiliki skor aktivitas disik lebih tinggi dibandingkan konsumen kacang lainnya dan yang tidak makan kacang. 

Konsumsi kenari dihubungkan dengan penurunan indeks massa tubuh, lingkar pinggang, penurunan tekanan darah, dan kadar trigliserida. Selain itu, kenari bisa membantu menurunkan berat badan. 

Konsumen kenari memiliki kadar gula darah puasa yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak makan kacang, 

Konsumen kenari memiliki total skor kualitasdiet yang lebih tinggi dibandingkan pemakan kacang lainnya dan yang tidak makan kacang. 

Lyn Steffen, Profesor Epidemologi dan Kesehatan Masyarakat di University of Minnesota School of Public Health menjelaskan bila sengenggam penuh kenari menyediakan berbagai macam nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 

Kenari merupakan sumber asam alfa linolenat omega 3 yang baik untuk mendukung kesehatan jantung. 

Selain itu kenari juga mengandung serat, mangan, magnesium, tembaga, besi, kalsium, seng, potasium, vitamin B6, folat, dan thiamin. 

Baca Juga: Buah-Buahan Ini Menurunkan Kolesterol Jahat dan Tekanan Darah Tinggi

Selanjutnya: OVO Catat Kenaikan Pengguna OVO Invest Mencapai 72% di 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru