kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

RS Premier Jatinegara buka sentra pemulihan pasca Covid-19 pertama di Indonesia


Minggu, 30 Mei 2021 / 12:55 WIB
RS Premier Jatinegara buka sentra pemulihan pasca Covid-19 pertama di Indonesia
ILUSTRASI. RS Premier Jatinegara membuka sentra pemulihan pasca Covid-19 pertama di Indonesia.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rumah Sakit (RS) Premier Jatinegara meluncurkan program sentra pemulihan pasca Covid-19 pertama di Indonesia.  Program ini merupakan salah satu upaya RS Premier Jatinegara dalam meningkatkan pelayanan kesehatan, khususnya yang berkaitan dengan pandemi Covid-19 bagi masyarakat luas.

"Sebagai bentuk peningkatan layanan kesehatan, kami menghadirkan layanan sentra pemulihan pasca Covid-19 yang diperuntukkan bagi pasien yang telah dinaykan sembuh namun masih mengalami gejala sisa. Kami akan terus mendampingi Anda hingga Anda bisa beraktivitas seperti semula dan menjalani kehidupan yang sehat paripurna," kata Direktur RS Premier Jatinegara, Susan Ananda dalam konferensi pers virtual, Jumat (28/5).

Susan menyebutkan, sebagian besar para pengidap Covid-19 akan sembuh setelah dinyatakan negatif oleh pemeriksaan tertentu. Namun, tak sedikit dari mereka yang masih mengalami berbagai keluhan medis yang tidak bisa diabaikan begitu saja karena dapat mengganggu aktivitas sehari-hari si penyintas.

"Janganlah diabaikan gejala-gejala tersebut, karena gejala sindrom pasca infeksi Covid-19 ini merupakan suatu masalah kesehatan yang perlu diperhatikan, dan perlu mendapatkan tindakan lanjut berupa perawatan medis maupun tindakan rehabilitasi," ujarnya.

Baca Juga: Tingkat efikasi Vaksin Sinopharm tergolong tinggi untuk lansia dan dewasa

Sentra Pemulihan Pasca Covid-19 RS Premier Jatinegara merupakan program sentra pemulihan pertama yang hadir di Indonesia. Di dalam program ini, setiap pasien akan dilayani dokter-dokter spesialis yang telah berpengalaman sesuai dengan kebutuhan atau kondisi para penyintas Covid-19.

Dalam kesempatan yang sama, salah satu dokter spesialis paru di RS Premier Jatinegara, dr Ida Bernida bilang, layanan sentra pemulihan Covid-19 ini tidak terbatas hanya bagi para pasien RS Premier Jatinegara saja. Tapi, juga bagi setiap penyintas Covid-19 yang telah melakukan perawatan di rumah sakit lain, maupun mereka yang telah selesai melaksanakan isolasi mandiri di tempat tinggalnya masing-masing.

"Tujuan kita adalah bagaimana menolong saudara-saudara kita para penyintas itu untuk mengatasi keluhannya, baik itu keluhan organik maupun anorganik. Goalnya adalah para penyintas ini sehat jiwa raga dan sosial, sehingga dapat beraktivitas dan produktivtias kembali," imbuhnya.

Untuk mengikuti program sentra pemulihan tersebut, para penyintas Covid-19 harus memenuhi beberapa syarat umum, di antaranya telah terbukti negatif dari Covid-19 dengan menunjukkan sebanyak dua kali hasil Swab PCR Negatif, yang berlaku paling lama satu minggu terakhir.

"Jadi program ini diperuntukan bagi para penyintas Covid-19 di manapun berada. RS Premier Jatinegara pun menerima pasien-pasien yang didatangkan dari luar kota atau luar daerah yang memang tidak memiliki sentra pemulihan untuk saat ini," ujar Operational Manager RS Premier Jatinegara, dr Levina Avissa.

Layanan sentra pemulihan pasca Covid-19 akan mulai resmi beroperasi pada Rabu, 2 Juni 2021 mendatang, dengan kapasitas pasien hanya 10 orang per hari selama dua bulan pertama pelayanan ini dibuka. Sebab, konsultasi dan konseling yang dilakukan pun memakan waktu cukup lama sehingga kapasitas pasien masih harus dibatasi.

"Untuk pelayanan setiap Senin, Rabu, dan jumat dari pukul 15.00-18.00," sebut Levina.

Selanjutnya: Sudah dapat jadwal vaksin Covid-19? Lakukan hal ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×