Penyakit Menular

Sudah dapat jadwal vaksin Covid-19? Lakukan hal ini

Minggu, 30 Mei 2021 | 10:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Sudah dapat jadwal vaksin Covid-19? Lakukan hal ini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah Anda sudah mendapat jadwal vaksin Covid-19? Jika sudah, sebaiknya jangan tunda jadwal vaksinasi. Semakin cepat tubuh Anda mendapat vaksin, tentu saja tubuh Anda menjadi lebih siap menghadapi serangan Covid-19.

Vaksin Covid-19 memang tidak bisa benar-benar melindungi tubuh Anda dari infeksi Virus Corona. Namun, tubuh perlu mendapat vaksin supaya lebih kuat menghadapi infeksi Covid-19. Jika Anda terinfeksi, tingkat keparahan yang perlu Anda alami tidak terlalu tinggi.

Setelah disuntik vaksin Covid-19, Pharmeasy (pharmeasy.in) merekomendasikan Anda untuk tinggal di lokasi vaksinasi selama 30 menit. Tujuannya untuk melihat apakah ada efek samping yang Anda alami atau tidak.

Sebenarnya, efek samping vaksin Covid-19 merupakan hal yang biasa terjadi. Efek samping muncul sebagai tanda bahwa tubuh Anda bereaksi terhadap vaksin yang masuk. Beberapa efek samping yang bisa terjadi adalah sakit kepala, demam, dan nyeri otot, apalagi di bekas suntikan vaksin.

Baca Juga: Dua dosis vaksin Sinopharm 72,8% efektif lawan kasus COVID-19 dengan gejala

Untuk mengatasi hal itu, cobalah untuk beristirahat satu hingga dua hari. Biasanya, efek samping vaksin Covid-19 bisa hilang dengan sendirinya. Namun, jika efek samping tak kunjung hilang, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter, ya.

Untuk meringankan risiko efek samping vaksin, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Pertama, hindari dehidrasi. Tubuh yang kekurangan cairan berisiko mengalami efek samping yang lebih parah. Kedua, hindari kegiatan fisik yang membutuhkan banyak energi, misalnya olahraga berat.

Pharmeasy juga mengingatkan beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan. Pertama, jangan konsumsi obat pereda rasa sakit jika mengalami efek samping vaksin. Hal itu bertujuan untuk menghindari efek samping yang lebih parah.

Baca Juga: Tertib protokol kesehatan, anak-anak harus gunakan masker

Kedua, jangan pergi ke jadwal vaksinasi tanpa mengonsumsi makanan apa pun. Cobalah untuk mengonsumsi makanan bergizi supaya tubuh Anda menjadi lebih kuat. Selama di lokasi vaksinasi, usahakan untuk tidak melepas masker, ya.

Tidak berhenti sampai di situ, jangan lupa untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan yang lain. Usahakan untuk jaga jarak dengan orang lain dan jaga kebersihan tangan. Anda bisa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer yang sesuai dengan standar kesehatan.

Selanjutnya: Pemerintah akan berikan vaksin Covid-19 bagi calon pekerja migran

Editor: Belladina Biananda
Terbaru