Risiko penyakit ini semakin tinggi setelah terinfeksi Covid-19

Senin, 29 November 2021 | 08:03 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Risiko penyakit ini semakin tinggi setelah terinfeksi Covid-19

ILUSTRASI. Infeksi Covid-19 membuat risiko beberapa penyakit tinggi. ANTARA FOTO/Indrayadi TH/hp.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Infeksi Virus Corona perlu benar-benar Anda hindari. Selain membuat tubuh Anda terasa sakit, efek Covid-19 tetap Anda rasakan meski Anda sudah dinyatakan sembuh. Tentu saja kondisi itu dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Salah satu dampak Covid-19 jangka panjang bagi kesehatan tubuh Anda adalah penyakit yang berhubungan dengan jantung. Mulai dari pembekuan darah, serangan jantung, nyeri dada, gagal jantung, dan lain sebagainya.

Mengutip dari E Times (timesofindia.indiatimes.com), kondisi-kondisi tersebut lebih banyak dialami oleh penyintas Covid-19 berusia 17-35 tahun. Anda perlu segera mengatasi beberapa kondisi itu untuk menghindari masalah kesehatan lain yang lebih serius.

Baca Juga: 10 Penyebab radang paru-paru, jangan anggap enteng

Setiap orang bisa mengalami dampak Covid-19 yang berbeda-beda. Begitu pula dengan rentang waktunya. Ada yang terus mengalami gejala Covid-19 selama lebih dari 3 minggu. Namun, tidak sedikit yang mengalami ciri-ciri Virus Corona lebih dari 6 bulan.

Melansir dari E Times, penggumpalan darah akibat Covid-19 biasanya ditandai dengan beberapa kondisi. Mulai dari sesak napas, kelelahan, dan menurunnya fungsi tubuh untuk melakukan aktivitas yang biasa Anda lakukan.

Baca Juga: 11 Vaksin Covid-19 ini sudah dapat izin BPOM, efek samping mulai mual hingga diare

Untuk menghindari masalah-masalah kesehatan tersebut, cobalah untuk melakukan cara mencegah Virus Corona dengan baik. Pertama, usahakan untuk mendapat suntikan Virus Corona, apalagi jika tak ada masalah kesehatan lain yang menghalangi Anda.

Meski sudah divaksin, usahakan untuk tidak mengabaikan protokol kesehatan, ya. Apabila tidak ada kebutuhan yang mendesak, pastikan untuk tidak di rumah. Jika memang harus ke tempat umum, jaga jarak dengan orang dan jaga kebersihan tangan memakai sabun, air mengalir, atau hand sanitizer.

Selanjutnya: HPAM optimistis kinerja reksadana campuran tetap positif

Editor: Belladina Biananda
Terbaru