Risiko Kematian Akibat Covid-19 Meningkat Karena Hal Ini

Rabu, 05 Januari 2022 | 15:55 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Risiko Kematian Akibat Covid-19 Meningkat Karena Hal Ini

ILUSTRASI. Ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko kematian akibat Covid-19. REUTERS/Kevin Coombs.

KONTAN.CO.ID - Covid-19 adalah penyakit yang menyerang sistem pernapasan. Meski demikian, bukan berarti virus corona tidak menyebabkan masalah di bagian tubuh yang lain. Jika tidak diatasi dengan baik, penyakit itu juga bisa menyebabkan kematian.

Mengutip dari Eatthis.com, pasien Covid-19 bisa sembuh dalam beberapa minggu. Namun, kondisi kesehatan dan faktor lain juga bisa meningkatkan risiko kematian. Nah, Anda perlu mewaspadai faktor-faktor tersebut supaya efek infeksi virus corona tidak parah.

Tubuh yang tidak terlindungi vaksin Covid-19 bisa membuat risiko kematian akibat penyakit itu lebih tinggi. Makanya, usahakan untuk tidak menunda jadwal vaksinasi. Apalagi bagi Anda yang bekerja di tempat-tempat di mana bertemu banyak orang.

Pasien diabetes juga memiliki risiko kematian akibat virus corona yang lebih tinggi. Saat terinfeksi, gejala yang Anda alami pun lebih parah. Untuk menghindari hal itu, cobalah untuk mengontrol diabetes dengan baik. Anda bisa meminta bantuan dokter supaya jumlah gula darah menjadi lebih terkontrol.

Baca Juga: Optimistis, Ini 5 Kabar Baik Tentang Varian Omicron

Baca Juga: Hati-Hati, 40% Pasien Covid-19 Tidak Mengalami Gejala

Melansir Eatthis.com, kanker adalah jenis penyakit lain yang bisa membuat risiko kematian karena infeksi Virus Corona bertambah. Hal itu terjadi karena kebanyakan pengobatan kanker melemahkan kemampuan tubuh Anda melawan infeksi penyakit.

Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak faktor lain yang bisa membuat Anda rentan mengalami gejala Covid-19 parah hingga kematian. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk selalu menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

Usahakan untuk tidak berkumpul dengan banyak orang di tempat umum. Apalagi dengan adanya mutasi virus corona saat ini. Infeksi penyakit itu memang bisa disembuhkan, tapi menghindari infeksinya tetap menjadi pilihan yang tepat, kan?

Jika Anda memang harus bertemu dengan banyak orang, usahakan untuk menjaga jarak dan selalu memakai masker sesuai standar kesehatan, ya. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan tangan. Baik memakai sabun dan air atau menggunakan hand sanitizer.

Selanjutnya: Ini Proposal Restrukturisasi Terbaru Sritex (SRIL), Ada Penjualan Aset Iwan Lukminto

Editor: Belladina Biananda
Terbaru