CLOSE [X]

Hati-Hati, 40% Pasien Covid-19 Tidak Mengalami Gejala

Senin, 03 Januari 2022 | 15:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Hati-Hati, 40% Pasien Covid-19 Tidak Mengalami Gejala

ILUSTRASI. Ada banyak pasien Covid-19 tanpa gejala, yaitu sekitar 40%. The Yomiuri Shimbun via REUTERS.


KONTAN.CO.ID - Saat terinfeksi Covid-19, ada dua kondisi yang bisa terjadi. Pertama, Anda akan mengalami beberapa gejala virus corona, seperti demam dan batuk. Kedua, Anda tidak mengalami gejala apa pun yang bisa berbahaya karena dapat menularkan penyakit ke orang lain tanpa sadar.

Mengutip Newsweek, sebanyak 40% pasien terinfeksi Covid-19 tidak mengalami gejala apa pun. Hasil tersebut didapatkan para peneliti asal China dari 30 juta data pasien yang berasal dari 95 penelitian di seluruh dunia.

Menurut penelitian, angka pasien virus corona tanpa gejala di beberapa kelompok masyarakat meningkat dari masa awal pandemi. Ada 54% wanita hamil yang terinfeksi Covid-19 dan tidak menunjukkan gejala apa pun. Di sisi lain, sebanyak 53% penumpang kapal pesiar pun mengalami Covid-19 tanpa gejala.

Hasil penelitian itu menunjukkan, betapa pentingnya screening dan karantina yang diberlakukan di tempat umum, seperti pelabuhan dan bandara. Dengan begitu, laju transmisi penularan virus corona bisa melambat.

Baca Juga: Efek Jangka Panjang Covid-19, Memicu Kelelahan Kronis

Baca Juga: Omicron Terdeteksi di Jatim, Ini Sederet Faktanya

Selanjutnya, hasil penelitian juga menunjukkan, pasien berusia di bawah 39 tahun cenderung tidak mengalami gejala Covid-19. Kelompok masyarakat itu tentunya harus lebih berhati-hati karena bisa menularkan virus corona tanpa sadar.

Melansir Newsweek, pengawasan terhadap pasien virus corona tanpa gejala merupakan hal penting supaya penularan virus itu dapat berkurang.

Supaya Anda bisa terlindungi dari Covid-19, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, ya. Usahakan untuk tidak melakukan kegiatan bersama dengan banyak orang, apalagi di tempat dengan ventilasi udara yang kurang baik.

Kemudian, pastikan untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain. Jangan lupa pula untuk menjaga kebersihan tangan, baik memakai sabun dan air atau dengan hand sanitizer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru