Risiko dan manfaat buah anggur untuk ibu hamil

Selasa, 13 April 2021 | 11:22 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Risiko dan manfaat buah anggur untuk ibu hamil

ILUSTRASI. Ilustrasi manfaat buah anggur untuk ibu hamil.Sumber foto : notey.com

KONTAN.CO.ID - Buah anggur rupanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk manfaat buah anggur untuk ibu hamil dan menyusui.

Banyak mitos yang mengatakan kalau buah anggur sebaiknya dihindari saat masa kehamilan. Namun, menurut riset, justru ada banyak manfaat buah anggur untuk ibu hamil.

Manfaat anggur sangat beragam. Buah ini kaya nutrisi di antaranya adalah serat, vitamin K, vitamin C, folat, kalium, mangan, fosfor, dan riboflavin.

Karena banyak manfaat buah anggur untuk ibu hamil, jadi tak perlu khawatir untuk mengonsumsinya selama mengandung.

Baca Juga: 20 Sup terbaik di dunia versi CNN, ada soto ayam khas Indonesia

Manfaat buah anggur untuk ibu hamil 

Manfaat buah anggur untuk ibu hamil

Dikutip dari Parentune, buah anggur mengandung banyak nutrisi penting sehingga sehat untuk wanita hamil. Namun, mengonsumsi buah anggur secara berlebihan dan sembarangan juga ternyata tidak aman selama kehamilan.

Beberapa manfaat buah anggur untuk ibu hamil antara lain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, jadi sumber asam folat yang baik, serta mencegah sembelit pada saat kehamilan.

Manfaat anggur lainnya yakni bisa mencegah kram otot yang sering dialami wanita hamil. Ini karena buah anggur kaya akan magnesium, nutrisi yang berperan penting sebagai pereda kram otot.

Buah ini juga bisa mencegah anemia. Penyakit anemia seringkali muncul saat masa kehamilan. Kandungan zat besi pada buah anggur membantu tubuh untuk memproduksi sel darah untuk mencukupi kekurangan.

Manfaat buah anggur berikutnya adalah membantu menurunkan kadar kolesterol. Enzim yang terkandung dalam buah anggur membantu kerja empedu yang mengontrol lemak dalam tubuh.

Dengan demikian membuat kadar kolesterol tetap terjaga dengan baik. Selain itu, selama masa kehamilan, arthritis dan asma cenderung memburuk selama kehamilan. Anggur membantu mengendalikan masalah ini dengan sifat anti peradangannya.

Baca Juga: 8 Makanan camilan yang cocok untuk penderita asam lambung

Risiko makan buah anggur terlalu banyak

Meski ada banyak manfaat anggur, mengonsumsi buah ini secara berlebihan juga tidak disarankan. Makan anggur sewajarnya.

Beberapa gangguan akibat terlalu banyak mengonsumsi anggur yakni masalah pencernaan, perut kembung, dan berisiko meningkatkan peluang diabetes.

Konsumsi berlebihan buah anggur juga tidak disarankan untuk ibu hamil, terutama ibu hamil yang kandungannya memasuki masa usia trimester ketiga.

Konsumsi anggur yang berlebihan menjelang trimester terakhir kehamilan dapat menyebabkan lebih banyak penambahan berat badan pada janin. 

Ini akan membuat persalinan lebih lama dan menyakitkan atau dapat meningkatkan kemungkinan operasi caesar.

Itulah beberapa manfaat buah anggur untuk ibu hamil. Meski banyak manfaat anggur, konsumsilah buah ibu sewajarnya agar manfaat bisa benar-benar terasa.

Selanjutnya: 7 minuman yang bermanfaat meredakan asam lambung

 

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru