kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45932,92   5,28   0.57%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Remaja Wajib Tahu, Ini Manfaat & Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Pada Masa Pubertas


Sabtu, 11 Maret 2023 / 05:05 WIB
Remaja Wajib Tahu, Ini Manfaat & Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Pada Masa Pubertas


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak manfaat dan cara menjaga kesehatan reproduksi pada masa pubertas. Kalangan remaja maupun orang tua yang memiliki anak beranjak remaja perlu tahu manfaat dan cara menjaga kesehatan reproduksi pada masa pubertas.

Bagaimana cara menjaga kesehatan reproduksi pada masa pubertas? Berikut manfaat dan cara menjaga kesehatan reproduksi pada masa pubertas yang perlu diketahui para remaja.

Anak remaja harus tahu cara menjaga kesehatan reproduksi pada masa pubertas. Pasalnya, ini merupakan hal baru dan menjadi dasar yang penting diketahui saat beralih dari anak-anak menuju dewasa.

Cara menjaga kesehatan reproduksi pada masa pubertas penting diketahui agar tidak salah. Salah menjaga kesehatan reproduksi pada masa pubertas akan mempengaruhi tumbuh kembang hingga dewasa.

Dilansir dari website resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kesehatan reproduksi pada masa pubertas remaja adalah kondisi kesehatan yang menyangkut masalah kesehatan organ reproduksi, yang kesiapannya dimulai sejak usia remaja ditandai oleh haid pertama kali pada remaja perempuan atau mimpi basah bagi remaja laki-laki.

Kesehatan reproduksi pada masa pubertas remaja meliputi fungsi, proses, dan sistem reproduksi remaja. Sehat yang dimaksudkan tidak hanya semata-mata bebas dari penyakit atau dari cacat saja, tetapi juga sehat baik fisik, mental maupun sosial.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Pada Masa Pubertas? Remaja Wajib Tahu

Pengetahuan dasar kesehatan reproduksi pada masa pubertas remaja

Usia remaja adalah masa transisi yang ditandai dengan berbagai perubahan emosi, psikis, dan fisik dengan ciri khas yang unik. Penting bagi remaja untuk mendapatkan informasi yang tepat tentang kesehatan reproduksi dan berbagai faktor yang berpengaruh terhadap kesehatan reproduksi. Terutama adalah informasi tentang bagaimana cara menjaga kesehatan reproduksi pada masa pubertas.

Sebagai pengenalan cara menjaga kesehatan reproduksi pada masa pubertas, remaja harus mengetahui beberapa hal di bawah ini:

  • Pengenalan tentang proses, fungsi, dan sistem alat reproduksi
  • Mengetahui penyakit HIV/AIDS dan penyakit menular seksual lainnya, serta dampaknya pada kondisi kesehatan organ reproduksi
  • Mengetahui dan menghindari kekerasan seksual
  • Mengetahui pengaruh media dan sosial terhadap aktivitas seksual
  • Mengembangkan kemampuan dalam berkomunikasi, terutama membentuk kepercayaan diri dengan tujuan untuk menghindari perilaku berisiko.

Cara menjaga kesehatan reproduksi pada masa pubertas diantaranya:

  • Pakai handuk yang lembut, kering, bersih, dan tidak berbau atau lembab.
  • Memakai celana dalam dengan bahan yang mudah menyerap keringat
  • Pakaian dalam diganti minimal 2 kali dalam sehari
  • Bagi perempuan, sesudah buang air kecil, membersihkan alat kelamin sebaiknya dilakukan dari arah depan menuju belakang agar kuman yang terdapat pada anus tidakmasuk ke dalam organ reproduksi.
  • Bagi laki-laki, dianjurkan untuk dikhitan atau disunat agar mencegah terjadinya penularan penyakit menular seksual serta menurunkan risiko kanker penis.

Khusus untuk perempuan, perlu juga mengetahui cara menjaga kebersihan dan kesehatan reproduksi saat menstruasi. Berikut cara menjaga kesehatan dan keberihan reproduksi saat menstruasi yang dikutip dari stikesyarsi-pontianak.ac.id:

  • Pilihlah pembalut yang bebas dari berbagai jenis bahan berbahaya dan nyaman saat dipakai.
  • Ganti pembalut secara berkala, antara 3 hingga 5 kali dalam sehari
  • Bersihkan vagina terlebih dahulu sebelum mengganti pembalut. (Membersihkan vagina sebainya dilakukan dengan air mengalir dan sebaiknya hindari penggunaan sabun).
  • Cuci tangan sampai bersih setelah membuang pembalut serta sebelum mengganti pembalut.
  • Rutin mengganti celana dalam (CD) untuk menghindari resiko tidak nyaman di sekitar vagina.

Bagi wanita yang sering mengalami nyeri saat menstruasi, mengompres perut bagian bawah dengan air hangat, melakukan olahraga yang teratur, dan istirahat yang cukup mampu membantu mengurangi rasa nyeri. Akan tetapi, bila nyeri terjadi hingga berhari-hari dan menggangu aktivitas, sebaiknya hubungi dokter untuk mengonsultasikannya.

Manfaat menjaga kesehatan reprodukssi pada masa pubertas

Dilansir dari Grid.id, menjaga kesehatan reproduksi sangat penting karena memiliki banyak manfaat, diantaranya:

- Mencegah infeksi

Menjaga kebersihan organ reproduksi dan meminimalkan risiko penyakit akibat infeksi organ reproduksi.

- Mencegah masalah kesehatan reproduksi

Menjaga kesehatan reproduksi membantu mencegah masalah kesehatan seperti infeksi saluran kemih, kanker testis, dan masalah reproduksi lainnya.

- Meningkatkan kualitas hidup

Menjaga kesehatan reproduksi membantu meningkatkan kualitas hidup dan memastikan kesehatan yang baik untuk masa depan.

Perubahan fisik, psikis, dan emosi remaja pada masa pubertas dapat membuat remaja lebih ekspresif dalam mengeksplorasi organ kelamin dan perilaku seksualnya.

Sementara itu, pengetahuan dan persepsi yang salah tentang seksualitas dan kesehatan reproduksi dapat menyebabkan remaja berperilaku berisiko terhadap kesehatan reproduksinya.

Itulah cara menjaga kesehatan reproduksi pada masa pubertas untuk kalangan remaja. Peran orang tua dan guru menjadi penting dalam mendampingi remaja mencari dan menemukan informasi kesehatan reproduksi pada masa pubertas yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Strategi Penagihan Kredit / Piutang Macet secara Dini & Terintegrasi serta Aman dari Jerat Hukum

[X]
×