Rekreasi di tengah pandemi Covid-19, bagaimana baiknya?

Kamis, 14 Oktober 2021 | 10:05 WIB   Reporter: Muhammad Julian
Rekreasi di tengah pandemi Covid-19, bagaimana baiknya?

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menjalani rutinitas di tengah pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai bisa mengganggu kesehatan mental. Pada kondisi yang demikian, rekreasi bisa menjadi solusi.

Psikolog keluarga dan anak di Rumah Dandelion, Nadya Pramesrani mengatakan, kegiatan rekreasi penting dilakukan untuk menjaga kesehatan mental keluarga. Rekreasi ini bisa dilakukan melalui beragam cara, tidak melulu pergi mengunjungi tempat wisata. Yang penting, keluarga bisa bersantai dan bersenang-senang menikmati waktu.

“Ada orang-orang yang pilihannya adalah dengan berwisata, ada yang lainnya seperti mandi air hangat, nonton film, good food, dan lainnya,” kata Nadya Pramesrani saat dihubungi Kontan.co.id (13/10).

Baca Juga: Perketat protokol kesehatan untuk mengantisipasi gelombang baru Covid-19

Lebih lanjut, Nadya juga mengingatkan bahwa apapun kegiatan rekreasinya, keluarga yang berekreasi perlu memenuhi tanggung jawab sosialnya untuk menjaga keamanan dan kesehatan satu sama lain. “Contoh kalau memang di hari rencana liburan ternyata sakit, sebagai bentuk tanggung jawab sosial sebaiknya batalkan rencana perjalanan,” terang Nadya.

Selain bertanggung jawab atas kesehatan orang lain, tanggung jawab atas kesehatan dan keamanan orang lain, kesehatan diri sendiri dan keluarga juga perlu diperhatikan. Epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Pandu Riono mengatakan, masyarakat yang hendak berpergian ke tempat wisata perlu membawa perlengkapan protokol kesehatan yang cukup, yaitu setidaknya masker dan hand sanitizer.

Selain itu, ia juga menyarankan agar masyarakat memilih tempat wisata alam yang terbuka (outdoor) dan tidak ramai. “Sebaiknya wisata bukan di hari libur,” tambahnya lagi kepada Kontan.co.id (13/10).

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Selanjutnya: Risiko kematian Covid-19 bisa meningkat karena hal ini, waspada!

 

Editor: Handoyo .
Terbaru