Rekomendasi Makanan Penurun Kolesterol yang Sehat dan Enak Dimakan

Selasa, 15 Februari 2022 | 06:14 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Rekomendasi Makanan Penurun Kolesterol yang Sehat dan Enak Dimakan

ILUSTRASI. Alpukat, salah satu makanan penurun kolesterol.


KONTAN.CO.ID - Makanan merupakan salah satu cara atau upaya menurunkan kolesterol tinggi. Terdapat beberapa makanan penurun kolesterol yang sehat dan enak dapat anda coba konsumsi. 

Jika anda mengidap kolesterol tinggi atau tidak terkontrol berpotensi menimbulkan berbagai penyakit yang berbahaya bagi tubuh. 

Oleh karena itu penting untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap normal. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan penurun kolesterol atau makanan sehat. 

Baca Juga: Kenali 6 Penyebab Vertigo yang Perlu Anda Waspadai

Kolesterol juga berperan penting bagi tubuh manusia. Salah satu peran kolesterol adalah membuat sejumlah hormon penting di dalam tubuh. 

Namun, sebaliknya jika kadar kolesterol tinggi akan meningkatkan risiko berbagai penyakit, salah satunya penyakit jantung. 

Melansir dari Medical News Today, terdapat beberapa makanan sehat yang bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi. 

Apa saja makanan penurun kolesterol tersebut? Berikut di antaranya: 

1. Alpukat 

Rekomendasi makanan penurun kolesterol pertama adalah alpukat. Salah satu jenis buah ini mampu membantu menurunkan kolesterol jahat serta memiliki rasa yang enak saat dikonsumsi. 

2. Terong 

Selain alpukat, terong juga merupakan salah satu makanan penurun kolesterol. Selain dapat menurunkan kadar kolesterol, terong juga memiliki khasiat lain yaitu dapat menurunkan berbagai risiko penyakit lain. 

3. Teh Hijau

Teh hijau juga dipercaya dapat membantu menurunkan kolesterol. Teh hijau mengandung senyawa yang baik bagi kesehatan tubuh. Namun, hal tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait manfaat teh hijau lain. 

Baca Juga: 5 Fakta Penting yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memasang Kawat Gigi

4. Kacang Kedelai

Mengkonsumsi kacang kedelai secara rutin juga dapat menurunkan kolesterol. Selain itu, cukup banyak olahan kacang kedelai enak yang dapat dipilih salah duanya tahu atau tempe. 

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru