Rekomendasi cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami

Rabu, 06 Januari 2021 | 10:11 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Rekomendasi cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami

ILUSTRASI. Madu bisa jadi salah satu cara menghilangkan ketombe.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketombe adalah salah satu permasalahan yang dialami oleh banyak orang. Jika terus dibiarkan, ketombe dapat mengganggu kesehatan kulit kepala. Maka dari itu, Anda perlu segera melakukan cara menghilangkan ketombe.

Ada banyak faktor yang memperparah kemunculan ketombe. Med Life (medlife.com) mengatakan bahwa salah satu penyebab utamanya adalah jamur bernama Malassezia. Infeksi tersebut menyebabkan kulit kepala kering yang justru membuat produksi minyak berlebih di kulit kepala.

Beberapa hal yang membuat kemunculan ketombe di kulit kepala Anda semakin banyak adalah jadwal mencuci rambut yang tidak rutin, rambut jarang disisir, dan tidak konsisten dalam menggunakan sampo.

Penyakit parkinson, stres, dan kondisi kesehatan lainnya juga bisa menyebabkan hal yang sama. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menghindari hal-hal tersebut. Namun, jika ketombe terlanjur muncul di kulit kepala Anda, ada beberapa hal yang bisa Anda coba untuk mengatasinya.

Baca Juga: Rambut pendek wanita perlu dirawat dengan cara ini, tak boleh sembarangan

Cuka Apel

Cuka apel merupakan salah satu bahan alami yang efektif mengatasi ketombe parah. Meski demikian, ada beberapa langkah yang perlu Anda ikuti supaya bahan alami tersebut mampu mengatasi ketombe dengan baik.

Pertama, campurkan cuka apel dengan air dengan ukuran yang sama. Setelah itu, aplikasikan pada rambut yang sudah dicuci dan masih dalam keadaan basah. Setelah dipijat beberapa saat, diamkan dulu selama 15 menit, kemudian bilas dengan air.

Minyak Kelapa dan Lemon

Salah satu cara menghilangkan ketombe adalah memakai minyak kelapa.

Med Life merekomendasikan minyak kelapa dan lemon sebagai bahan alami berikutnya cara menghilangkan ketombe. Caranya, campurkan 2 sdm minyak kelapa yang sudah dipanaskan dengan air lemon. Setelah itu, aplikasikan pada rambut dan diamkan selama 20 menit.

Selanjutnya, bilas menggunakan sampo hingga benar-benar bersih. Minyak kelapa berguna untuk menutrisi rambut, sedangkan kandungan dalam lemon mampu membasmi munculnya ketombe di kulit kepala Anda.

Baca Juga: 5 Manfaat minyak kelapa ini tak boleh Anda lewatkan

Kulit Jeruk

Cara menghilangkan ketombe juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan kulit jeruk, lo. Bahan alami ini mengandung magnesium, vitamin A, kalsium, dan serat yang tak hanya mengatasi ketombe, tapi juga sehat untuk tubuh Anda.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menggiling kulit jeruk dengan mencampurkan sedikit air lemon. Setelah berbentuk pasta, aplikasikan pada kulit kepala dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan sampo antiketombe.

Selanjutnya: 4 Cara agar rambut tidak mengembang, mudah dilakukan

Editor: Belladina Biananda


Terbaru