Kesehatan Umum

5 Manfaat minyak kelapa ini tak boleh Anda lewatkan

Senin, 23 November 2020 | 11:38 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Manfaat minyak kelapa ini tak boleh Anda lewatkan

ILUSTRASI. Ada banyak manfaat minyak kelapa yang bisa Anda dapatkan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Minyak kelapa adalah salah satu bahan alami yang berguna untuk menyehatkan bibir, rambut, kulit, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Manfaat minyak kelapa berikut ini bisa Anda dapat dengan menggunakannya secara langsung atau mengonsumsinya secara rutin.

Mencegah Infeksi

Jika Anda memiliki luka di kulit yang beresiko mengalami infeksi, sebaiknya atasi dengan memakai minyak kelapa. Mengutip dari Eat This Not That (eatthis.com), salah satu asam lemak dalam minyak kelapa bernama lauric acid berguna untuk mencegah infeksi bakteri, virus, dan jamur.

Saat dikonsumsi, minyak kelapa akan bereaksi dengan enzim sehingga membentuk monolaurin. Monolaurin digunakan tubuh untuk membunuh patogen berbahaya yang bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit.

Mengurangi Nafsu Makan

Apakah Anda ingin menurunkan berat badan? Jika iya, cobalah untuk mengonsumsi minyak kelapa secara rutin. Hal itu disebabkan karena minyak kelapa dapat mengurangi nafsu makan sehingga Anda tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan.

Baca Juga: 4 Manfaat minyak kemiri untuk kesehatan kulit

Menurut para peneliti, kemampuan minyak kelapa untuk mengurangi nafsu makan berkaitan dengan metabolisme asam lemak. Tak hanya mengurangi nafsu makan seseorang, minyak kelapa juga berguna untuk mengatur gula darah menjadi lebih stabil.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat minyak kelapa adalah menjaga kesehatan jantung manusia.

Meski memiliki banyak asam lemak, tapi Eat This Not That mengatakan bahwa lemak jenuh dalam minyak kelapa berbeda dari lemak jenuh dalam sumber makanan lain. Misalnya, mentega, keju, atau daging.

Minyak kelapa mampu meningkatkan jumlah kolesterol sehat atau HDL dalam tubuh. Artinya, kesehatan jantung akan meningkat dan resiko penyakit jantung akan menurun.

Melembabkan Kulit dan Rambut

Kulit dan rambut kering menyebabkan wajah terlihat kusam dan rambut sulit untuk ditata. Bila Anda salah satu orang yang memiliki masalah tersebut, Anda bisa mengatasinya dengan memakai minyak kelapa.

Baca Juga: 4 Manfaat madu untuk wajah ini bisa mengatasi masalah kulit Anda

Minyak kelapa berguna untuk melembabkan dan menambah jumlah lemak kulit. Hal yang sama juga berlaku saat minyak kelapa dipakai di rambut. Berbagai masalah rambut, seperti rambut kering dan ketombe, bisa diatasi dengan bahan alami itu.

Menyeimbangkan Jumlah Hormon

Manfaat minyak kelapa lainnya adalah menyeimbangkan jumlah hormon pada tubuh laki-laki dan perempuan. Hal itu disebabkan karena adanya lauric acid dalam minyak kelapa. Menurut sebuah penelitian, minyak kelapa cocok dikonsumsi saat berada dalam masa menopause.

Selanjutnya: 4 Cara menghilangkan kerutan di bawah mata dengan bahan alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru