Kesehatan Anak

Radang tenggorokan pada anak, begini cara mengobatinya

Selasa, 01 September 2020 | 15:11 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Radang tenggorokan pada anak, begini cara mengobatinya

ILUSTRASI. Meski bisa sembuh sendiri, orangtua perlu melakukan beberapa hal agar radang tenggorokan anak bisa sembuh lebih cepat.

KONTAN.CO.ID - Radang tenggorokan pada anak merupakan penyakit yang biasa terjadi. Hal tersebut menjadi tanda bahwa ada virus atau bakteri yang menginfeksi tubuh.

Seiring berjalannya waktu, radang tenggorokan pada anak bisa hilang sendiri. Namun, perawatan yang tepat membuat radang sembuh lebih cepat.

Dikutip dari Nurofen (nurofen.co.uk), infeksi virus adalah penyebab radang tenggorokan pada anak yang paling sering terjadi. Salah satu penyakit yang disebabkan infeksi virus adalah flu.

Infeksi virus menyebabkan munculnya gejala lain selain radang tenggotokan, seperti batuk, demam, dan kesulitan menelan.

Selain infeksi virus, radang tenggorokan pada anak juga bisa disebabkan karena faktor lainnya. Mulai dari alergi, berteriak, menghirup polusi atau asap, hingga efek samping inhaler untuk penderita asma.

Baca Juga: Anda menderita radang tenggorokan? Segera sembuhkan dengan cara ini

Cara mengobati radang tenggorokan pada anak

Pada dasarnya, radang tenggorokan pada anak bisa sembuh sendiri. Namun, Anda bisa melakukan beberapa hal agar kondisi anak menjadi nyaman lebih cepat.

Nurofen merekomendasikan, anak sebaiknya tidur atau beristirahat dan minum banyak air untuk menghindari dehidrasi.

Anda juga bisa memberikan paracetamol atau ibuprofen, tapi pastikan untuk berkonsultasi pada dokter dulu, ya. Jika radang tenggorokan pada anak disebabkan karena infeksi bakteri, dokter akan meresepkan antibiotik sebagai obat.

Tapi, radang tenggorokan pada anak bisa dicegah. Caranya, dengan menghindari penyebabnya. Untuk mencegah penularan virus atau bakteri, sering cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir bisa dijadikan solusi.

Baca Juga: Radang tenggorokan mengganggu, ini ciri-ciri dan cara mencegahnya

Mencuci tangan dengan benar bisa membunuh kuman, virus, dan bakteri penyebab penyakit. Nurofen menyebutkan, tangan perlu dicuci menimal selama 15-30 detik. Biasakan anak-anak untuk mencuci tangan sehabis bersin atau batuk.

Menghubungi dokter

Radang tenggorokan pada anak bisa jadi indikasi kondisi kesehatan yang lebih parah. Segera periksakan anak ke dokter jika radang tenggorokan sering terjadi dan tidak mudah sembuh, demam, kesulitan bernapas, sakit perut parah, dan gejala lain yang lebih serius.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru