kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Radang Kelopak Mata, Apa Saja Penyebab dan Gejalanya?


Kamis, 16 Desember 2021 / 12:20 WIB
Radang Kelopak Mata, Apa Saja Penyebab dan Gejalanya?


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Radang kelopak mata merupakan salah satu penyakit kulit yang bisa Anda alami. Tentu saja gejala dan penyebabnya perlu Anda kenali. Tujuannya agar Anda bisa melakukan langkah pengobatan yang tepat.

Di kelopak mata, ada kelenjar minyak di folikel bulu mata. Nah, kelenjar minyak itu dapat tersumbat atau iritasi yang mana menimbulkan inflamasi atau peradangan. Hal itulah yang membuat Anda mengalami peradangan di bagian kelopak mata atau biasa disebut dengan istilah bleparitis.

Secara umum, dokter hanya membutuhkan tes fisik untuk mendiagnosa bleparitis yang Anda alami. Namun, tidak menutup kemungkinan swab test dilakukan untuk mengambil sampel. Nantinya, sampel Anda akan diperiksa dulu supaya hasil diagnosa menjadi lebih akurat.

Penyebab Radang Kelopak Mata

Mengutip Healthline (healthline.com), penyebab bleparitis yang pasti tidak bisa ditentukan. Namun, ada beberapa faktor yang sebaiknya Anda waspadai karena mampu meningkatkan risiko Anda mengalami masalah tersebut.

Baca Juga: Penyebab dan cara mengatasi radang kelopak mata ini perlu Anda tahu

Pertama, risiko bleparitis meningkat ketika Anda memiliki ketombe di kulit kepala. Alergi terhadap kosmetik yang Anda pakai juga berpotensi menyebabkan masalah kesehatan yang sama. Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak faktor lain yang dapat meningkatkan risiko bleparitis.

Mulai dari infeksi bakteri, efek samping obat yang Anda gunakan, kutu di sekitar bulu mata, atau kelenjar minyak yang tidak berfungsi secara normal. Jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya.

Baca Juga: Begini cara mengatasi sakit tenggorokan dengan pengobatan rumahan

Gejala Radang Kelopak Mata

Ada beragam gejala bleparitis yang dapat Anda alami. Kelopak mata Anda akan terasa gatal dan bengkak serta warnanya berubah kemerahan. Selain itu, mata pun berair dan muncul sensasi terbakar yang bisa membuat Anda tak nyaman.

Bleparitis juga bisa membuat Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari. Anda tidak boleh mengabaikan gejala-gejala yang muncul karena bisa saja kondisi tersebut menandakan infeksi mata yang lain. apabila terlambat diatasi, bukan tidak mungkin kondisi kesehatan menjadi lebih buruk.

Supaya masalah di sekitar mata tak sering Anda alami, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan. Misalnya, bersihkan make up ketika Anda tak lagi memakainya dan jangan lupa untuk selalu mencuci wajah memakai produk yang sesuai tipe kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×