Penyebab dan cara mengatasi radang kelopak mata ini perlu Anda tahu

Selasa, 23 November 2021 | 15:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Penyebab dan cara mengatasi radang kelopak mata ini perlu Anda tahu

ILUSTRASI. Ada beberapa penyebab dan cara mengatasi radang kelopak mata yang perlu Anda ketahui.

KONTAN.CO.ID - Salah satu faktor umum yang menjadi penyebab radang kelopak mata adalah penyumbatan pada kelenjar minyak yang berada di sekitar bulu mata. Nah, ada beberapa faktor yang memicu terjadinya penyumbatan tersebut.

Biasanya, kondisi kelopak mata yang meradang disebut pula dengan istilah blepharitis. Kondisi itu ditandai dengan beberapa gejala. Tentu saja, Anda perlu segera mengatasi gejala-gejala yang muncul agar kondisi kesehatan tak memburuk.

Gejala blepharitis yang dimaksud adalah mata berair dan berwarna merah, muncul rasa gatal dan sensasi terbakar di sekitar mata, bulu mata rontok, sering mengedip, serta lebih sensitif terhadap cahaya.

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter. Nantinya, Anda akan menjalani beberapa pemeriksaan sehingga dokter bisa menentukan perawatan seperti apa yang tepat untuk dilakukan.

Baca Juga: Dermatitis kontak, ini penyebab dan cara mencegahnya

Penyebab radang kelopak mata

Melansir Mayo Clinic, penyebab pasti blepharitis masih belum bisa ditentukan. Namun, ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya hal itu. Mulai dari dermatitis seboroik, infeksi, alergi, hingga mata kering.

Jika blepharitis tidak teratasi dengan baik, ada berbagai jenis komplikasi yang bisa terjadi. Blepharitis dapat menyebabkan bulu mata rontok dan kembali tumbuh secara tidak normal. Iritasi dan peradangan yang terus terjadi pun dapat merusak kornea mata.

Baca Juga: 4 Rekomendasi obat mata merah, efektif dan mudah didapat

Cara mengatasi radang kelopak mata

Jika Anda mengalami blepharitis, sebaiknya gunakan obat yang telah diresepkan dokter. Selain itu, ada beberapa hal lain yang perlu Anda lakukan supaya kondisi kesehatan mata tidak semakin parah.

Pertama, gunakan kompres hangat di sekitar mata untuk mengatasi kulit yang mengering.

Kedua, bersihkan kotoran yang muncul di sekitar mata menggunakan handuk atau kain yang telah dibasahi dengan air dan sampo bayi. Bila ada kotoran yang sulit hilang, gosokkan handuk secara perlahan agar tidak membuat mata iritasi.

Ketiga, hindari memakai make up karena dapat memperparah kondisi mata Anda. Bakteri dapat menginfeksi kulit dan menyebabkan munculnya reaksi alergi. Usahakan untuk selalu menjaga kebersihan kulit mata Anda.

Bila blepharitis terjadi karena kemunculan ketombe, cobalah untuk memakai sampo antiketombe. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menentukan produk sampo mana yang sebaiknya Anda gunakan.

Mengutip dari Mayo Clinic, mengonsumsi makanan yang mengandung banyak asam lemak omega-3 dapat mengatasi gejala blepharitis yang berkaitan dengan rosacea.

Beberapa jenis makanan yang mengandung banyak asam lemak omega-3 adalah salmon, tuna, dan kacang kenari atau walnut.

Selanjutnya: Kurs rupiah melemah ke Rp 14.258 per dolar AS pada Selasa (23/11)

Editor: Belladina Biananda
Terbaru