Kesehatan Umum

6 Gejala penyakit jantung yang bisa tampak di kulit

Kamis, 03 Juni 2021 | 16:31 WIB Sumber: Kompas.com
6 Gejala penyakit jantung yang bisa tampak di kulit

ILUSTRASI. 7 Gejala penyakit jantung yang bisa tampak di kulit. REUTERS/Fabrizio Bensch.

KONTAN.CO.ID - Tidak semua penyakit jantung menunjukkan gejala nyeri di sekitar dara. Tanda peringatan penyakit jantung juga bisa muncul di kulit.

Itulah sebabnya dokter kulit bisa menjadi dokter pertama yang memperhatikan bahwa sesorang menderita penyakit berbahaya ini atau tidak. 

Berikut adalah beberapa gejala penyakit jantung yang bisa terlihat di kulit dan kuku untuk Anda waspadai: 

1. Warna biru atau ungu di kulit

Warna biru atau ungu di kuli Anda bisa menjadi tanda adanya penyumbatan di pembuluh darah. Saat Anda sangat kedinginan, kulit Anda bisa membiru atau ungu. 

Sementara jika area kulit Anda berwarna biru atau ungu padahal kondisi lingkungan normal atau hangat, itu bisa jadi pertanda darah Anda tidak mendapatkan cukup oksigen. 

Tanpa pengobatan, kekurangan oksigen ini dapat menyebabkan kulit dan jaringan di bawahnya pada akhirnya mati. Dalam bahasa medis, gejala penyakit jantung ini bisa dikenal sebagai sianosis, mengacu pada warna kebiruan pada kulit. 

Baca Juga: 8 Bahan alami yang efektif menurunkan kolesterol tinggi

2. Garis biru atau ungu di kulit 

Beberapa orang mungkin akan melihat garis biru atau ungu di kulit saat merasa kedinginan. Saat kulit menghangat, pola ini menghilang. 

Garis biru dan ungu di kulit juga bisa muncul sebagai efek samping dari minum obat tertentu. Sayangnya, garis biru dan ungu di kulit bisa pula menjadi tanda penyakit yang disebut sindrom emboli kolesterol. 

Penyakit ini terjadi ketika arteri kecil tersumbat. Penyumbatan dapat menyebabkan kerusakan jaringan dan organ. 

Jadi sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab pasti munculnya garis biru atau ungu di kulit seperti jaring. 

Nama medis untuk munculnya pola mirip jaring di kulit ini adalah livedo reticularis. 

Baca Juga: 3 Cara menjaga kesehatan lansia, agar masa tua tak sering berkunjung ke rumah sakit

Editor: S.S. Kurniawan
Terbaru