kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Punya Masalah Asam Lambung? Simak 5 Obat Alami Ini


Rabu, 18 Mei 2022 / 04:30 WIB
Punya Masalah Asam Lambung? Simak 5 Obat Alami Ini
ILUSTRASI. Ilustrasi asam lambung naik.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Asam lambung naik adalah salah satu gangguan atau masalah kesehatan yang berkaitan dengan sistem pencernaan dan cukup banyak dialami orang. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa obat alami yang dapat mengatasi dan mencegah asam lambung.

Selain memberikan rasa tidak nyaman, asam lambung juga menimbulkan gejala lain seperti tenggorokan terasa panas, bau mulut, perut terasa sakit dan masih banyak lagi. 

Hal tersebut dikarenakan pada dasarnya asam lambung sangat berkaitan dengan proses pencernaan, namun jika asam tersebut berlebihan akan menimbulkan efek negatif terhadap kesehatan tubuh. 

Baca Juga: 8 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan, Mampu Menurunkan Kolesterol

Melansir dari Femina India, ada beberapa rekomendasi obat alami asam lambung yang ampuh dan mudah untuk dicari. Obat alami tersebut di antaranya:

Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang mempunyai banyak manfaat. Salah satunya bisa dijadikan untuk obat alami asam lambung loh. 

Buah pisang mengandung banyak serat dan kalium yang mampu meningkatkan produksi lendir, sehingga akan efek asam lambung naik akan terhindari. 

Jahe

Jahe juga merupakan rempah yang dikenal memiliki banyak khasiat. Dan ternyata ekstrak jahe juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat alami asam lambung. 

Pasalnya, kandungan dalam jahe mampu meredakan peradangan serta mengurangi rasa mual atau sakit perut akibat asam lambung. 

Daun Mint

Teh daun mint

Obat alami asam lambung lainnya adalah daun mint. Daun mint mempunyai sensasi dingin saat dikonsumsi, hal tersebut dipercaya dapat mengurangi efek tenggorokan terasa panas akibat asam lambung. 

Baca Juga: 5 Cara Alami dan Ampuh Menurunkan Kolesterol, Ayo Coba

Cuka Apel

Selanjutnya cuka apel, jangan salah mengkonsumsi cuka apel secara rutin bisa memperlancarkan pencernaan loh. Namun, Anda perlu berhati-hati saat mengkonsumsinya, karena dapat mengiritasi tenggorokan. 

Konsumsilah cuka apel dengan campuran air hangat agar tidak menimbulkan efek samping. 

Nanas 

Selain pisang, buah nanas juga dapat Anda jadikan sebagai obat alami asam lambung. Pasalnya, buah nanas mengandung bromelain yang dapat mengatasi tenggorokan panas. 

Selain dapat dikonsumsi sebagai obat alami asam lambung, buah nanas juga dapat olah menjadi berbagai jenis makanan yang lezat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×