5 Cara Alami dan Ampuh Menurunkan Kolesterol, Ayo Coba

Selasa, 17 Mei 2022 | 10:39 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
5 Cara Alami dan Ampuh Menurunkan Kolesterol, Ayo Coba

ILUSTRASI. Cara alami dan ampuh menurukan kolesterol.


KONTAN.CO.ID - Kolesterol tinggi adalah salah satu masalah kesehatan yang kerap dialami sebagian orang. Namun, perlu Anda ketahui ada beberapa cara alami dan ampuh menurunkan kolesterol tanpa minum obat loh. 

Kolesterol adalah zat seperti lilin seperti lemak yang diproduksi hati. Memiliki kolesterol tinggi tidak menimbulkan gejala, tetapi dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit. 

Salah satu penyakit yang akan timbul karena kadar kolesterol tinggi adalah stroke. Oleh karena itu penting untuk menurunkan kadar kolesterol agar tetap normal dan sehat. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Sesak Napas, Coba Konsumsi 4 Bahan Alami Ini

Melansir dari Medical News Today, terdapat beberapa cara alami menurukan kolesterol. Berikut caranya adalah: 

Hindari Lemak Trans

Dengan terlalu banyak mengkonsumsi lemak trans akan berdampak buruk pada kesehatan, salah satu dampaknya adalah naiknya kadar kolesterol.

Pasalny lemak trans sangat berpotensi akan meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh manusia. Umumnya lemak trans terdapat di margarin, minyak nabati, gorengan dan lain-lain.

Kurangi Konsumsi Lemat Jenuh

Cara alami menurulkan kolesterol kedua adalah dengan mengurangi konsumsi lemak jenuh. Lemak jenuh umumnya tetap padat pada suhu kamar sedangkan lemak tak jenuh biasanya cair.

Biasaya lemak jenuh terkandang di dalam daging merah, mentega, minyak goreng dan masih banyak lagi.

Diet tinggi lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL seseorang. Kelebihan kolesterol LDL dapat menumpuk dan membentuk endapan keras di arteri, yang dapat menyebabkan kondisi yang disebut aterosklerosis.

Baca Juga: 5 Gejala Anemia yang Perlu Anda Ketahui, Waspada!

Perbanyak Konsumsi Lemak Tidak Jenuh Tunggal 

Cara alam menurukan kolsterol selanjutnaya adalah dengan memperbanyak konsumsi lemak tidak jenuh tunggal. Contohnya seperti Sayuran, kacang-kacangan, dan ikan kaya akan lemak tak jenuh tunggal.

Lemak tidak dijenuh dapat ditemukan di alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, wijen dam masih banyak lagi.

Perbanyak Konsumsi Lemak Tidak Jenuh Ganda

Lemak tidak jenuh ganda termasuk asam lemak omega-3 dan omega-6. Mengkonsumsi lemak ini dalam jumlah sedang dapat mengurangi kadar kolesterol.

Anda bisa memakan berbagai jenis ikan untuk menurukan berara, seperti tuna dan trou. Selain memakN ikan anda juga bisa milih makan lain yang kaya akan lemat tidak jenuh ganda.

Baca Juga: SnapInsta, Download Reels Instagram Gratis Mudah Tinggal Tempel Link

Olahraga Teratur

Studi menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Misalnya di lansir di Medical News Today, hasil penelitian tahun 2019 yang melibatkan 425 orang dewasa yang lebih tua menunjukkan bahwa aktivitas fisik sedang dan berat menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar gula darah, dan meningkatkan kadar kolesterol HDL.

Anda dapat memasukkan olahraga teratur ke dalam kehidupan sehari-hari agar kadar kolesterol normal. Contohnya dengan berjalan, jogging, bersepeda, atau melakukan latihan ketahanan dengan beban ringan.

Demikian cara alami menurukan kolesterol, smeoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru