HOME

Punya manfaat buat tubuh, ini 5 kandungan gizi dalam makanan sehat

Rabu, 21 Juli 2021 | 21:45 WIB   Reporter: Helvana Yulian
Punya manfaat buat tubuh, ini 5 kandungan gizi dalam makanan sehat

ILUSTRASI.

KONTAN.CO.ID - Makanan sehat memang memiliki manfaat luar biasa untuk tubuh. Ini tak lepas dari kandungan gizi dalam makanan sehat

Berbagai macam manfaat makanan sehat tidak bisa Anda sepelekan. Mulai dari mengurangi risiko penyakit jantung, menghindari diabetes dan obesitas, hingga meningkatkan kualitas otak.

Tapi, tidak lengkap jika hanya mengetahui manfaat mengonsumsi makanan sehat saja tanpa tahu sebenarnya kandungan dalam makanan sehat itu apa saja.

Makanan bisa dikatakan sehat jika mengandung unsur-unsur atau kandungan yang dipercaya sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan. 

Di Indonesia, awalnya memilik konsep makanan sehat dan bergizi merujuk pada “makanan 4 sehat 5 sempuran”.

Namun, konsep ini mulai ditinggalkan dan beralih ke konsep “panduan gizi seimbang”, yang lebih menekankan untuk menjaga asupan porsi makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Apa saja kriteria dari makanan sehat yang harus diperhatikan? Berikut 5 kandungan gizi dalam makanan sehat ini. yang wajib ada pada makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Baca Juga: Menstabilkan gula darah, ini 8 manfaat habbatussauda untuk kesehatan

1. Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi utama manusia. Dilansir dari website Motivate PT, 55% hingga 60% asupan kalori harus berasal dari karbohidrat.

Asupan karbohidrat bisa Anda dapatkan dari berbagai jenis bahan makanan, seperti beras merah, gandum, jagung, ubi, dan kentang.

Fungsi karbohidrat selain sumber utama energi juga untuk membatas asupan kalori yang masuk dalam tubuh, menjaga massa otot, menjaga kesehatan pencernaan, dan memberikan kekenyangan lebih lama.

2. Protein

Dalam tubuh, protein akan diproses menjadi asam amino, yang bertugas membangun otot, organ tubuh, kulit, dan rambut. Selain itu, fungsi hormon juga diatur oleh protein.

Penting untuk memenuhi kebutuhan protein 10%-15% dari asupan kalori harian, dilansir dari Realfood. Sumber protein yang dapat dikonsumsi sangat beragam, baik nabati maupun hewani.

Rekomendasi makanan sehat tinggi protein yang bisa dikonsumsi adalah telur, kacang almond, daging ayam, ikan, bebek, gandum, dan kacang kedelai.

Baca Juga: Resep Ayam Goreng Mudah Dibuat, Serenyah Sajian Resto

3. Serat

Serat berfungsi untuk membantu proses pencernaan yang dibagi menjadi dua jenis: serat larut dan serat tak larut.

Serat larut, yang biasanya ditemukan di sayuran berdaun, membantu proses pencernaan dengan membantu perut beradaptasi terhadap waktu pengosongan yang lebih lama. Sementara serat tak larut berguna untuk mencegah masalah pencernaan.

Untuk mendapatkan makanan tinggi serat, Anda bisa mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran hijau dan buah-buahan. Contohnya, bayam, buncis, kangkung, jeruk, mangga, pisang, dan apel.

Baca Juga: Terjangkit virus corona meski sudah divaksin, kenali gejalanya

Editor: Helvana Yulian
Terbaru