Punya Kolesterol Tinggi? 6 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya, Hati-Hati!

Senin, 11 April 2022 | 14:03 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Punya Kolesterol Tinggi? 6 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya, Hati-Hati!

ILUSTRASI. Penyebab kolesterol tinggi.


KONTAN.CO.ID - Penyebab kolesterol tinggi bisa dipengaruhi oleh banyak faktor. Namun, kebanyakan kolesterol tinggi disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.

Selain itu, asupan makanan yang dikonsumsi juga penting untuk diperhatikan, karena bisa menjadi salah satu hal yang memicu naiknya kadar kolesterol jahat menjadi lebih tinggi. 

Kolesterol tinggi juga sering dijuluki penyakit orang tua atau orang yang memiliki berat badan lebih. Namun, ternyata kolesterol tinggi juga bisa menimpa anak mudah bahkan orang yang bertubuh kurus sekalipun. 

Baca Juga: Cari Obat Tidur? Kenali 9 Khasiat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kesehatan tubuh Anda sendiri. Salah satunya, dengan menjaga kadar kolesterol tetap normal dengan cara menerapkan pola hidup sehat. 

Merangkum dari NHS, terdapat beberapa faktor penyebab dan risiko kolesterol tinggi. Penyebab kolesterol tinggi tersebut: 

Pertambahan usia

Salah satu faktor penyebab kolesterol tinggi itu adalah bertambahnya usia. Sebab, ada perubahan fungsi dan metabolisme tubuh kian menurun. 

Oleh karena itu, tidak heran cukup banyak orang lanjut usia memiliki keluhan kadar kolesterol yang tinggi. Namun perlu diperhatikan, tidak semua orang yang lanjut usia pasti atau akan mengalami kolesterol tinggi. 

Pola makan tidak sehat

Kebiasaan pola makan tidak sehat juga berpotensi menjadi penyebab kolesterol tinggi. Pasalnya, makanan tidak sehat akan menyebabkan kadar kolesterol dalam darah meningkat. 

Contoh, Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan yang kaya lemak jenuh, gula, alkohol, dan makanan tidak sehat lainnya. Daripada mengonsumsi makanan yang tidak sehat, lebih baik konsumsi makanan yang kaya akan protein.

Baca Juga: Mengandung Banyak Nutrisi, Ini 10 Manfaat Selada Untuk Kesehatan

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru