kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Punya banyak kegunaan, inilah 5 manfaat madu hitam untuk Anda


Sabtu, 21 November 2020 / 14:00 WIB
Punya banyak kegunaan, inilah 5 manfaat madu hitam untuk Anda


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak manfaat madu hitam yang bisa Anda dapatkan. Hal itu disebabkan karena kandungan vitamin, mineral, dan sedikit lemak yang ada di dalamnya. Berikut ini beberapa khasiat yang dapat diberikan oleh madu hitam.

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Mengutip dari Life Goal (lifegoalidea.com), madu hitam mengandung banyak vitamin C. Kandungan tersebut bisa Anda manfaatkan untuk mengobati luka, baik luka ringan atau luka parah, seperti bekas operasi.

Madu hitam bisa digunakan untuk mempercepat proses pemulihan. Agar hasil yang Anda dapatkan lebih efektif, usahakan untuk mengonsumsi madu hitam setiap hari atau secara rutin.

Mengandung Banyak Antioksidan

Selain vitamin C, madu hitam juga banyak mengandung antioksidan. Hal tersebut menunjukkan bahwa madu hitam cukup efektif melawan radikal bebas yang menyebabkan penyakit dalam tubuh. Selain kaya akan antioksidan, madu hitam juga mengandung banyak antibakteri dan antivirus.

Baca Juga: 5 Manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh

Kandungan-kandungan tersebut mampu mencegah berbagai masalah kesehatan. Misalnya, pertumbuhan dan perkembangan sel kanker, tanda-tanda penuaan dini, dan lain sebagainya. Cobalah untuk mengonsumsi madu hitam setiap hari, baik dalam bentuk mentah, atau dicampur dengan masakan lain.

Menambah Stamina

Tubuh yang kekurangan stamina bisa menimbulkan masalah sehari-hari, misalnya Anda menjadi malas dan konsentrasi menurun. Life Goal mengatakan bahwa madu hitam lebih efektif menambah stamina dari jenis makanan atau minuman penambah energi lainnya.

Madu hitam juga mengandung banyak vitamin B6. Dalam 337 g madu hitam, terdapat 2.3 mg vitamin B6. Hal itu berfungsi untuk meningkatkan serotonin yang berhubungan dengan mood, nafsu makan, memori, dan kemampuan belajar.

Mengobati Sakit Akibat Asam Urat

Asam urat merupakan suatu kondisi di mana banyak lemak menumpuk di bagian sendi manusia. Hasilnya, persendian akan terasa sakit dan penderitanya mengalami kesulitan untuk bergerak. Anda bisa meredakan gejala itu dengan mengonsumsi madu hitam secara rutin.

Baca Juga: 4 Manfaat madu untuk wajah ini bisa mengatasi masalah kulit Anda

Menurunkan Resiko Anemia

Salah satu manfaat madu hitam adalah untuk mengurangi resiko anemia.

Manfaat madu hitam lainnya adalah bisa Anda gunakan untuk menurunkan resiko anemia. Anemia merupakan suatu kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah. Jika terus dibiarkan, anemia bisa menyebabkan kulit menjadi pucat, kelelahan, bibir pecah-pecah, rambut rontok, dan lain-lain.

Agar produksi sel darah merah dalam tubuh meningkat, Anda bisa mengonsumsi madu hitam secara rutin. Madu hitam mengandung banyak zat besi yang mampu melakukan tugas itu. Anda bisa mengonsumsi madu hitam dengan banyak cara, salah satunya dengan mencampur madu bersama air.

Selanjutnya: Cara mudah membedakan madu asli dengan yang palsu , tips petani Banten

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×