Kesehatan Umum

5 Manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh

Senin, 26 Oktober 2020 | 12:27 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh

ILUSTRASI. Salah satu manfaat air kelapa adalah menghidrasi tubuh.


KONTAN.CO.ID - Air kelapa memiliki banyak manfaat yang berguna untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat air kelapa yang bisa Anda dapat adalah mengatasi dehidrasi, masalah pencernaan, dan masalah lainnya.

Jenis cairan ini juga biasa diminum oleh saat olahraga karena mengandung elektrolit alami. Berikut sejumlah manfaat air kelapa yang bisa Anda dapatkan: 

Rendah kalori

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, air kelapa bisa digunakan untuk mengganti minuman manis atau minuman tinggi kalori lain yang sering Anda konsumsi. Meski demikian, air kelapa tetap tak bisa mengalahkan air putih yang memiliki 0 kalori.

Dikutip dari Medical News Today, terdapat 45 kalori dalam segelas air kelapa. Jadi, porsi air kelapa yang Anda konsumsi tetap perlu diperhatikan, ya.

Antioksidan

Meski mampu menyehatkan tubuh, olahraga juga bisa menyebabkan stres oksidatif dan terbentuknya radikal bebas dalam tubuh. Hal tersebut bisa diatasi oleh antioksidan yang ada dalam air kelapa.

Carilah air kelapa segar atau yang tidak diproses agar antioksidan yang terkandung tetap banyak.

Baca Juga: 3 ​Manfaat madu untuk wajah, bisa cerahkan kulit dan obati jerawat

Buah kelapa muda

Elektrolit alami

Manfaat air kelapa juga bisa dirasakan oleh seseorang yang melakukan olahraga. Air kelapa mengandung elektrolit alami tanpa pemanis buatan, gula tambahan, dan pewarna.

Air kelapa mengandung karbohidrat dan sodium (elektrolit yang keluar saat tubuh menghasilkan keringat) lebih sedikit dari minuman olahraga. Jadi, air kelapa tak bisa memberi energi yang cukup untuk olahraga lebih dari 90 menit.

Meski demikian, jenis minuman ini tetap bisa menghidrasi tubuh secara langsung. Pastikan untuk tidak menambah gula pada air kelapa agar efek menghidrasinya tak hilang dan Anda tak mendapat tambahan kalori yang tak perlu.

Baca Juga: Catat, inilah manfaat jeruk nipis yang baik untuk kesehatan

Asam amino

Melansir Medical News Today, asam amino penting untuk membangun protein dan memperbaiki jaringan dalam tubuh. Air kelapa merupakan sumber arginin utama.

Arginin adalah salah satu jenis asam amino yang berfungsi untuk membantu tubuh merespons stres. Misalnya, stres akibat olahraga berat. Tak hanya itu, jenis asam amino tersebut juga mampu menjaga kesehatan jantung Anda.

Sitokinin

Manfaat air kelapa lainnya adalah melawan tanda-tanda kanker dan penuaan dini. Hal itu disebabkan karena adanya kandungan sitokinin. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal ini.

Selanjutnya: Jangan asal minum, ini manfaat minum air kelapa untuk kesehatan tubuh

Editor: Belladina Biananda


Terbaru