Progres vaksinasi cukup pesat, penyelenggaraan event besar tak jadi masalah

Selasa, 12 Oktober 2021 | 09:15 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Progres vaksinasi cukup pesat, penyelenggaraan event besar tak jadi masalah

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional  (PON) XX  berpotensi meningkatkan penyebaran kasus Covid-19. Titik mobilitas paling tinggi saat ini berada di Papua, tempat pesta olahraga tersebut dihelat. 

Rawannya penularan Covid-19 tidak hanya terjadi pada hari pelaksanaan saja, tetapi juga setelah PON berakhir dimana para atlet dan peserta PON akan kembali ke daerahnya masing-masing. 

Menurut, Senior Faculty Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Trioksa Siahaan, penyelenggaraan acara-acara besar secara offline sudah tidak masalah saat ini sepanjang telah dipersiapkan secara terukur dan terencana. 

Baca Juga: Satgas Penanganan Covid-19 optimistis potensi gelombang ketiga dapat dicegah

"Saat penyelenggaraan acara, standar protokol kesehatan juga harus dilaksanakan," ujarnya pada Kontan.co.id, Senin (11/10).

Di luar negeri, lanjut Trioksa, sudah banyak diselenggarakan acara-acara besar terutama di negara yang disiplin dan cepat dalam menjalankan program vaksinasi. Contohnya, ada piala Eropa dan liga-liga sepakbola. 

Dia melihat program vaksinasi di Indonesia juga sukses. Kebijakan pemerintah yang mempersyaratkan sertifikat vaksin dalam melakukan mobilitas bisa memitigasi penyebaran Covid-19. 

"Hal itu  terbukti berhasil, dimana jumlah kasus positif Covid-19 trennya semakin menurun," pungkas Trioksa.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Selanjutnya: Kini ada 10 vaksin yang digunakan di Indonesia, 1 vaksin diberikan 3 kali suntikan

 

Editor: Herlina Kartika Dewi
Terbaru