Satgas Penanganan Covid-19 optimistis potensi gelombang ketiga dapat dicegah

Senin, 11 Oktober 2021 | 16:41 WIB   Reporter: Abdul Basith Bardan
Satgas Penanganan Covid-19 optimistis potensi gelombang ketiga dapat dicegah

ILUSTRASI. Rajin cuci tangan jadi salah satu prokes yang penting untuk cegah penyebaran Covid-19

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito optimistis ancaman gelombang kasus virus corona (Covid-19) ketiga yang diproyeksi dapat terjadi pada akhir tahun 2021 dapat dicegah.

Pencegahan tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat yakni menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Selain itu, pemerintah juga diharapkan tetap melakukan upaya pelacakan kasus seperti tracing, testing, dan treatment.

"Saya yakin dengan kekuatan dan pola penanganan yang sudah ditemukan, maka kita boleh yakin pada Desember tidak akan terjadi gelombang ketiga," kata dia dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Senin (11/10).

Ancaman gelombang ketiga memang telah diprediksi oleh sejumlah pihak. Termasuk oleh akademisi, berdasarkan potensi peningkatan mobilitas masyarakat di akhir tahun.

Baca Juga: Transisi menuju endemi Covid-19, Indonesia siapkan survei prevalensi serologi

Seperti diketahui, di akhir tahun atau bulan Desember bertepatan dengan dua momentum besar yakni Hari Raya Natal dan pergantian tahun.

Ganip bilang, periode tersebut berpotensi memicu keinginan masyarakat untuk beraktivitas di luar ruangan.

"Ancaman gelombang ketiga yang diprediksi oleh para ahli akan terjadi di bulan Desember," ungkap Ganip.

Meski begitu, pemerintah saat ini telah mengklaim terjadi penurunan dalam situasi pandemi Covid-19. Angka kasus positif Covid-19 dan kematian di Indonesia telah mengalami penurunan sejak gelombang kedua pada Juli lalu.

 

Selanjutnya: Warga dari 18 negara bakal bisa masuk ke Bali, ini syaratnya

 

Editor: Anna Suci Perwitasari
Terbaru