kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perlu tahu, ini 4 penyebab lidah putih yang bisa tejadi


Kamis, 04 Februari 2021 / 12:11 WIB
Perlu tahu, ini 4 penyebab lidah putih yang bisa tejadi


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Lidah putih adalah kondisi yang umum terjadi, baik secara tiba-tiba atau semakin parah seiring berjalannya waktu. Kondisi tersebut dapat muncul di satu bagian lidah saja atau menyebar hingga menutupi seluruh permukaan.

Biasanya, lidah putih muncul akibat papila atau sensor perasa di lidah Anda yang bermasalah. Tidak hanya menimbulkan rasa tidak nyaman, masalah kesehatan gigi dan mulut itu mampu membuat bau mulut Anda menjadi kurang sedap.

Jika lapisan putih terus berada di lidah dalam jangka waktu lama, segera periksakan diri ke dokter. Tujuannya, agar Anda mendapat perawatan yang tepat dan kondisi kesehatan Anda tetap terjaga.

Selain itu, pastikan pula Anda mengetahui beberapa penyebabnya agar bisa melakukan pencegahan.

Leukoplakia

Leukoplakia adalah kondisi pertumbuhan sel di dinding mulut yang terlalu cepat. Saat bercampur dengan protein bernama keratin, sel tersebut dapat menimbulkan ruam putih di lidah Anda.

Mengutip dari Cleveland Clinic, leukoplakia bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah kebiasaan merokok atau mengonsumsi alkohol.

Kegiatan tersebut dapat mengiritasi bagian dalam mulut sehingga kondisi kesehatan Anda terganggu. Meski bisa disembuhkan, leukoplakia perlu ditangani dengan benar agar tidak menimbulkan masalah yang lebih parah, seperti kanker mulut.

Baca Juga: Gejala Covid-19 bisa muncul di mulut? Cek laporannya

Baca Juga: Belum banyak yang tahu, begini 4 Cara memerahkan bibir

Oral lichen planus

Penyebab lidah putih selanjutnya yang perlu Anda waspadai adalah oral lichen planus. Yakni, kondisi di mana bagian dalam mulut mengalami peradangan kronis.

Ketika Anda mengalami kondisi tersebut, Anda perlu berhati-hati karena penyakitnya bisa menular ke orang lain.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan oral lichen planus, di antaranya adalah serangan mikroskopin dan sistem imun tubuh yang mengalami gangguan. Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mengatasi penyakit tersebut dengan cara yang tepat.

Kandidiasis mulut

Kandidiasis mulut adalah atau oral thrush adalah infeksi dalam mulut yang disebabkan oleh jamur bernama Candida albicans. Kondisi tersebut bisa semakin parah, apalagi jika pertumbuhan jamur menyerang bagian tubuh yang lain.

Sifilis

Sifilis adalah infeksi bakteri dan termasuk salah satu jenis infeksi seksual menular. Cleveland Clinic menyebutkan, ada beberapa gejala yang muncul akibat penyakit tersebut, salah satunya adalah kemunculan bercak putih di lidah Anda.

Selanjutnya: 4 Penyebab benjolan di bibir yang bisa Anda alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×