kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gejala Covid-19 bisa muncul di mulut? Cek laporannya


Jumat, 29 Januari 2021 / 14:14 WIB
Gejala Covid-19 bisa muncul di mulut? Cek laporannya


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selama ini, gejala Covid-19 yang cukup familiar diketahui oleh masyarakat adalah demam, batuk, sesak napas, dan lain sebagainya. Namun, beberapa peneliti menemukan bahwa ciri-ciri tubuh terinfeksi Virus Corona juga terdapat dalam mulut.

Mengutip dari Eat This, Not That! (eatthis.com), gejala infeksi virus tersebut dinamakan Covid Tongue. Para peneliti yang berasal dari Rumah Sakit Universitario La Paz Madrid mengatakan bahwa lebih dari 25% pasien mengalami gejala tersebut.

Beberapa kondisi yang termasuk dalam Covid Tongue adalah peradangan, benjolan, dan luka di lidah. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa 40% pasien mengalami kulit yang mengelupas dan kemerahan serta merasakan sensasi terbakar.

Hasil penelitian tersebut dipublikasikan dalam sebuah jurnal yang bernama British Journal of Dermatology. Untuk menurunkan risiko penularan, tes spesifik yang melibatkan rongga mulut perlu dilakukan.

Baca Juga: Kapan masa inkubasi virus Covid-19 paling menular? Ini penjelasannya

Saat mengalami Covid Tongue, pasien terinfeksi Virus Corona akan mengalami kemunculan seriawan dan benjolan kecil di permukaan lidah serta lidah yang membengkak dan berubah warna. Lidah pun bisa dipenuhi dengan bercak putih.

Melansir Eat This, Not That! gejala covid-19 tersebut perlu diwaspadai oleh semua masyarakat. Jika Anda mengalami kondisi tersebut ditambah dengan gejala lain yang sudah sering terjadi, segera hubungi tenaga kesehatan agar mendapat perawatan yang benar.

Baca Juga: WHO mencatat 25 gejala virus corona baru, apa saja?

Jangan keluar rumah dan hindari kegiatan yang melibatkan banyak orang. Untuk menghindari penularan Virus Corona, usahakan untuk menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. Selalu jaga jarak dengan orang lain, gunakan masker, dan rajin cuci tangan memakai sabun dan air mengalir.

Selain itu, hindari tempat-tempat dengan risiko penularan Virus Corona yang tinggi, seperti restoran, gym, kafe, dan lain sebagainya. Menjaga sistem imun tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi dan olahraga secara rutin pun tidak boleh Anda lupakan.

Selanjutnya: Perhatian! Ini 9 gejala Anda mungkin telah terinveksi virus corona tanpa disadari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×