Perhatikan, 6 Pantangan Asam Urat Ini Perlu Anda Hindari

Selasa, 28 Desember 2021 | 14:29 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Perhatikan, 6 Pantangan Asam Urat Ini Perlu Anda Hindari

ILUSTRASI. Minuman bersoda termasuk salah satu pantangan asam urat.


KONTAN.CO.ID - Asam urat yang terlalu banyak menumpuk dalam tubuh bisa mendatangkan banyak masalah kesehatan. Salah satunya, memicu radang sendi. Biar hal itu tak terjadi, Anda perlu menghindari pantangan asam urat.

Sebelum mengetahui beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak Anda konsumsi karena meningkatkan jumlah asam urat, ada banyak kebiasaan yang perlu Anda coba.

Pertama, usahakan untuk minum delapan gelas air putih per hari. Menurut On Health, banyak minum air putih mampu membantu tubuh mengeluarkan asam urat lebih banyak.

Kedua, kontrol berat badan karena berat badan berlebih dapat memperparah penyakit asam urat. Ketiga, konsumsi beberapa jenis buah, apalagi buah ceri. Cobalah untuk makan satu hingga dua porsi buah ceri per hari agar kesehatan terjaga.

Nah, supaya kesehatan Anda semakin terjaga, perhatikan konsumsi beberapa jenis makanan berikut yang bisa memperparah penyakit asam urat:

Baca Juga: 6 Penyebab Hipertensi Ini Wajib Anda Ketahui, Apa Saja?

Makanan dan minuman manis

Selain makanan yang mengandung purin, makanan dan minuman yang mengandung banyak pemanis juga perlu Anda waspadai. Misalnya, kue, minuman bersoda, dan permen.

Makanan dan minuman itu kaya akan pemanis buatan yang dapat memperparah penyakit asam urat yang Anda alami.

Makanan yang mengandung purin

Pantangan asam urat yang pertama adalah makanan yang mengandung banyak purin. Beberapa jenis makanan yang mengandung banyak purin adalah daging dan kacang-kacangan seperti legume.

Minuman beralkohol

Salah satu pantangan asam urat adalah minuman beralkohol.

Supaya penyakit asam urat tak memburuk, ada baiknya bagi Anda untuk tidak mengonsumsi minuman beralkohol terlalu banyak, apalagi bir.

Bir mengandung purin yang mudah terserap tubuh. Hasilnya, jumlah asam urat yang menumpuk dalam tubuh bertambah.

Baca Juga: Kenali 4 Penyebab Pusing saat Bangun Pagi

Ikan

Ikan termasuk salah satu pantangan asam urat yang perlu Anda waspadai. Hal itu juga berlaku pada beberapa jenis ikan, misalnya, ikan tuna.

Meski demikian, On Health menyebutkan, ikan memiliki kandungan omega-3 yang baik untuk kesehatan tubuh.

Jadi, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter tentang seberapa banyak porsi ikan yang bisa Anda konsumsi. Selain mengonsumsi ikan secara langsung, Anda juga bisa mencoba minyak ikan dalam bentuk suplemen.

Daging merah

Jika Anda benar-benar ingin mengonsumsi daging merah, pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Terlalu banyak mengonsumsi daging merah berdampak buruk pada jumlah purin dalam tubuh sehingga penyakit asam urat bisa semakin parah.

Seafood

Supaya jumlah asam urat tak terus bertambah, cobalah untuk membatasi konsumsi seafood, misalnya kerang. Jenis seafood itu memiliki banyak purin sehingga tidak baik untuk kesehatan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru