CLOSE [X]

Perasan air lemon bermanfaat meredakan asam urat tinggi

Jumat, 28 Mei 2021 | 19:30 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Perasan air lemon bermanfaat meredakan asam urat tinggi


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asam urat tinggi ditandai dengan nyeri dan bengkak di salah satu bagian tubuh. Perasan air lemon efektif meredakan asam urat tinggi. 

Asam urat, penyakit yang bisa menyerang laki-laki dan perempuan. Salah satu gejala yang umum dirasakan penderita asam urat adalah rasa nyeri di salah satu bagian tubuh seperti jempol kaki.

Baca Juga: Tidak hanya menurunkan asam urat tinggi, ini manfaat suruhan untuk kesehatan

Mengutip dari buku berjudul Tumbuhan Sakti Atasi Asam Urat, karya dr. Setiawan Dalimartha, dr. Felix Adrian Dalimartha, BMedSc, penyakit asam urat muncul karena adanya peningkatan produksi dan terganggunya proses pembuangan asam urat di dalam tubuh. 

Meningkatnya produksi asam urat di dalam tubuh dipicu oleh sejumlah faktor salah satunya adalah konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi.

Sekedar info, beberapa makanan yang mengandung purin tinggi adalah daging, jeroan, kacang tanah, buncis, brokoli, bayam, kerang, dan keju. 
 
Penyakit asam urat harus segera ditangani. Umumnya, penderita asam urat mengonsumsi obat dari dokter untuk mengobati penyakitnya. 

Ada sebagian orang yang memilih mengonsumsi tanaman herbal untuk menurunkan kadar asam urat tinggi.

Namun, tidak sedikit orang yang memilih mengonsumsi buah atau sayur yang berkhasiat menurunkan asam urat. 

Air lemon penurun asam urat tinggi 

Mengutip dari Intisari.grid.id, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal air perasan lemon membuat tubuh melepaskan banyak kalsium karbonat.  

Asal tahu, mineral kalsium tersebut akan mengikat asam urat dan memecahnya menjadi senyawa lainnya. Efeknya, kadar asam urat dalam darah jadi menurun. 

Untuk merasakan efektifitasnya, Anda cukup sediakan satu buah lemon segar. Anda peras lemon sampai sarinya habis. Anda bisa menggunakan alat pemeras jeruk agar lebih mudah. 

Anda tambahkan segelas air pada perasan lemon, aduk kemudian minum sekaligus. 

Anda sebaiknya minum air lemon secara rutin. Sebab, air lemon tidak hanya bisa menurunkan asam urat tinggi tapi juga mencegah kambuhnya asam urat. 

Baca Juga: 4 Buah yang bisa memicu naiknya kadar asam urat

Selanjutnya: 3 Daun buah-buahan yang bermanfaat sebagai obat herbal untuk asam urat tinggi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru