Penyebab Perut Kembung & Obat Kembung Alami Untuk Dewasa

Rabu, 18 Januari 2023 | 07:26 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Penyebab Perut Kembung & Obat Kembung Alami Untuk Dewasa

ILUSTRASI. Penyebab Perut Kembung & Obat Kembung Alami Untuk Dewasa


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perut kembung sering terjadi pada orang dewasa. Apa penyebab perut kembung? Lalu apa saja obat perut kembung alami untuk dewasa?

Obat perut kembung alami untuk dewasa penting dikenali. Obat perut kembung alami ini bisa menjadi cara alternatif dalam kondisi darurat seperti malam hari dan tidak ada obat-obatan dari apotek.

Namun, sebelum membahas obat perut kembung alami untuk dewasa, penting mengetahui penyebab perut kembung. Dengan demikian, setiap orang bisa mencegah terjadinya perut kembung.

Dilansir dari Kompas.com, beberapa kebiasaan sehari-hari tanpa disadari bisa jadi salah satu faktor penyebab perut kembung. Seperti diketahui, masalah kesehatan ini bisa mengganggu kenyamanan saat beraktivitas, terlebih jika perut sering kembung.

Berikut 6 penyebab perut kembung yang sering tidak disadari:

Makan sayuran mentah

Penyebab perut kembung yang pertama adalah makan sayuran mentah. Makan sayuran adalah kebiasaan sehat yang wajib dilakukan. Tapi, saat saluran pencernaan sedang bermasalah, makan sayuran mentah justru menyebabkan masalah kesehatan ini semakin parah.

Jadi, saat perut sedang tidak nyaman, upayakan makan sayuran yang dimasak agar mudah dicerna.

Baca Juga: 7 Obat Sakit Perut Alami yang Terbukti Ampuh

Makan terlalu cepat

Penyebab perut kembung yang kedua adalah makan terlalu cepat. Sebagian orang juga punya kebiasaan menguyah makanan terlalu cepat. Kondisi ini mengganggu proses pencernaan makanan, sehingga bisa jadi faktor penyebab perut kembung terus-terusan.

Mulai sekarang, ganti kebiasaan tidak sehat ini dengan mengunyah makanan setidaknya 20-30 kali setiap suapan.

Terlalu banyak mengemil

Penyebab perut kembung yang ketiga adalah kebanyakan ngemil. Mengemil sepanjang hari tanpa makan utama dengan komposisi gizi lengkap dan seimbang juga bisa jadi faktor penyebab perut kembung.

Jadi, biasakan makan dengan komposisi gizi lengkap dan seimbang tiga kali sehari. Hindari mengemil camilan tidak sehat. Sebagai gantinya, pilih buah segar.

Kurang tidur

Penyebab perut kembung yang keempat adalah kurang tidur. Tidur cukup dan berkualitas penting untuk proses perbaikan atau regerenasi sel dan menjaga keseimbangan tubuh. Apabila kurang tidur, tubuh bisa mengalami berbagai masalah kesehatan, termasuk perut kembung.

Kurang minum

Penyebab perut kembung yang kelima adalah kurang minum. Alasan kenapa perut kembung terkadang berasal dari masalah yang sekilas sepele seperti kurang minum. Kurang minum bisa menyebabkan sembelit, yang pada akhirnya membuat perut kembung dan keras.

Makanan penyebab kembung

Penyebab perut kembung yang keenam adalah konsumsi makanan tertentu. Beberapa orang terkadang mengonsumsi makanan penyebab perut kembung.

Jenis makanan ini bisa berbeda-beda pada setiap orang. Tapi, biasanya berupa makanan penyebab gas seperti kubis, kacang, asupan berkafein, soda, makanan pedas, atau probiotik.

Obat perut kembung alami untuk dewasa

Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, ada banyak cara mengatasi perut kembung yang bisa Anda coba. Obat perut kembung alami untuk dewasa antara lain dengan olahraga, mengonsumsi suplemen, hingga mengubah gaya hidup. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengidentifikasi penyebabnya terlebih dahulu.

Perut kembung terjadi saat perut terasa penuh dan kencang karena gas yang menumpuk di saluran pencernaan. Selain membuat perut terlihat lebih besar daripada biasanya, kembung bisa menimbulkan sakit dan rasa tidak nyaman.

Mengutip dari Medical News Today, ada beberapa hal yang memicu penumpukan gas dalam perut. Beberapa pemicunya adalah sembelit, alergi makanan, makanan yang mengandung banyak gula atau garam, dan perubahan hormon.

Berikut obat perut kembung alami untuk dewasa:

Berjalan

Obat perut kembung alami untuk dewasa yang pertama adalah berjalan. Melakukan aktivitas fisik, seperti berjalan, bisa digunakan untuk mengeluarkan gas berlebih yang menyebabkan perut kembung.

Hal ini juga bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami sembelit. Berjalan memutari halaman rumah bisa jadi cara menghilangkan rasa sakit akibat tekanan gas dalam perut.

Perbanyak Konsumsi Serat

Obat perut kembung alami untuk dewasa yang kedua adalah menambah asupan serap. Mengonsumsi banyak serat bisa jadi cara mengatasi perut kembung dan sembelit.

Medical News Today merekomendasikan, wanita mengonsumsi 25 g serat dan pria mengonsumsi 38 g serat. Namun, jangan mengonsumsi banyak serat dalam waktu singkat karena bisa memperparah perut kembung.

Jika Anda ingin menambah asupan serat, lakukanlah secara perlahan. Hal tersebut perlu dilakukan agar tubuh Anda bisa beradaptasi terlebih dahulu. Anda bisa menambah serat secara bertahap selama beberapa minggu.

Mandi dengan Air Hangat

Obat perut kembung alami untuk dewasa yang ketiga adalah mandi dengan air hangat. Mandi air hangat bisa jadi cara mengatasi perut kembung lainnya yang patut dicoba. Air hangat bisa mengurangi stres sehingga saluran pencernaan bisa berfungsi lebih baik. Dengan begitu, perut kembung juga bisa berkurang.

Itulah berbagai macam penyebab perut kembung serta daftar obat perut kembung alami untuk dewasa. Jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru