7 Obat Sakit Perut Alami yang Terbukti Ampuh

Senin, 16 Januari 2023 | 14:02 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
7 Obat Sakit Perut Alami yang Terbukti Ampuh

ILUSTRASI. Obat Sakit Perut Alami.


KONTAN.CO.ID - Semua orang pasti pernah merasakan nyeri perut. Nah, apabila Anda pantang menggunakan obat bebas yang dijual di apotek, alternatifnya bisa memakai obat sakit perut alami yang bisa dibuat di rumah.

 

Sakit perut adalah keluhan umum yang bisa menyerang siapa saja. Rasa sakitnya pun bervariasi. Mulai dari ringan dan berlangsung sementara hingga berat dan memerlukan penanganan medis lebih lanjut. 

Sakit perut umumnya dipicu oleh gangguan pencernaan, seperti sembelit, diare, atau penyakit asam lambung. Sementara, bagi perempuan, sakit perut juga bisa terjadi saat datang bulan. 

Sakit perut juga kerap diiringi dengan keluhan lain seperti muntah, perut kembung, kehilangan nafsu makan, dan meningkatnya frekuensi sendawa.

Lantas, apa saja obat sakit perut alami? 

Baca Juga: Makan Gula Berlebihan Menyebabkan Diabetes?

Obat sakit perut alami

Obat Sakit Perut Alami

Dilansir dari laman Gastrointestinal Specialists, berikut ini 7 obat sakit perut alami yang bisa Anda coba:

1. Permen mint

Obat sakit perut alami pertama yang mungkin bisa Anda coba adalah perment rasa mint. Mentol dalam daun peppermint telah digunakan sebagai obat sakit perut melilit selama berabad-abad. 

Cobalah meminumnya dengan teh, mengunyah permen karet mint, atau cukup mengisap permen peppermint.

Baca Juga: 10 Penyakit yang Ditandai dengan Kaki Tiba-Tiba Bengkak, Waspada!

2. Cuka apel

Obat sakit perut alami kedua yang bisa dicoba adalah cuka sari apel atau cuka apel. Meski tidak enak untuk dimakan tanpa makanan pendamping, Anda bisa mengonsumsi satu sendok makan cuka apel untuk menetralisir sakit perut. 

Selain itu, Anda juga bisa mencampur cuka apel dengan secangkir air dan satu sendok teh madu untuk membuat obat sakit perut alami tersebut. Asam di dalam cuka apel dapat membantu mengurangi gangguan pencernaan, dan menjaga bakteri di usus tetap sehat.

3. Jahe

Jahe sudah digunakan selama ribuan tahun sebagai obat sakit perut alami. Selain itu, studi juga membuktikan bahwa jahe benar-benar dapat membantu meredakan nyeri perut. 

Jahe adalah antiradang alami dan dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk. Di antaranya sebagai permen, kapsul, atau sebagai campuran teh. Namun, jahe segar adalah obat sakit perut alami yang manjur. 

Baca Juga: Nyeri dan Demam: Ini 8 Ciri-ciri Penyakit Tipes yang Sering Diabaikan

Obat Sakit Perut Alami

4. Teh Chamomile

Chamomile juga memiliki sifat antiradang yang dapat membantu otot perut rileks dan mengurangi nyeri kram dan kejang. Sehingga, chamomile juga bisa digunakan sebagai obat sakit perut alami.  

Teh chamomile terbuat dari ekstrak bunga tanaman chamomile (Matricaria recuita) yang berasal dari Eropa. Jenis teh ini termasuk dalam teh bebas kafein yang cukup populer dan bisa dipakai sebagai obat sakit perut melilit.

5. Minum air putih

Anda juga bisa meminum banyak air putih sebagai obat sakit perut alami. Sepanjang hari, kita kehilangan air melalui keringat, pernapasan, dan pencernaan. 

Sangat penting untuk mengganti cairan yang hilang untuk mencegah dehidrasi dan menjaga agar saluran cerna tetap lancar. Dehidrasi dapat menyebabkan kembung karena ketidakseimbangan elektrolit dan dapat mengganggu pencernaan serta menyebabkan sembelit. 

Baca Juga: Perut Terasa Panas Akibat Asam Lambung Tinggi? Coba 7 Teh Herbal Ini

6. Olahraga

Jalan kaki, bersepeda, yoga, dan melakukan peregangan ringan juga bisa menjadi obat sakit perut alami.

7. Kompres perut

Obat sakit perut alami berikutnya adalah mengompres perut Anda. Coba letakkan bantal pemanas atau handuk panas di perut Anda. 

Suhu panas dapat membantu mengendurkan otot dan meredakan kram di perut. Mandi air panas atau berendam dengan garam Epsom juga dapat menjadi obat sakit perut alami. 

Itulah sederet obat sakit perut alami yang bisa Anda coba di rumah. Semuanya relatif murah dan mudah didapatkan ketimbang Anda harus pergi ke apotek. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru