CLOSE [X]

Penyebab Perut Buncit yang Perlu Dihindari, Kurang Tidur Salah Satunya

Sabtu, 26 Februari 2022 | 10:00 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Penyebab Perut Buncit yang Perlu Dihindari, Kurang Tidur Salah Satunya


KONTAN.CO.ID - Perut buncit adalah kondisi di mana terjadi penumpukan lemak di perut yang berpotensi menimbulkan obesitas. Penyebab perut buncit bisa dipengaruhi oleh banyak, salah satunya kebiasaan tidak sehat.

Penumpukan lemak tersebut yang menjadi penyebab perut buncit. Adanya penumpukan lemak pada perut itu juga terjadi karena beberapa faktor, seperti jarang olahraga ataupun asupan makan yang kurang sehat. 

Perut buncit kebanyakan dialami oleh para pria dewasa. Selain bisa berdampak buruk pada kesehatan, perut buncit juga mengganggu penampilan dan membuat kurang percaya diri. 

Baca Juga: Ini Limit Transfer BSI dan Jenis Kartu ATM yang Wajib Nasabah Ketahui

Merangkun dari Healthline, terdapat beberapa faktor penyebab perut buncit yang perlu Anda ketahui, di antaranya: 

1. Jarang Olahraga 

Jarang olahraga menjadi salah satu penyebab perut buncit. Pasalnya hal tersebut menjadi faktor terjadinya penumpukan lemak pada perut.

Untuk menghilangkan lemak yang sudah membuat perut buncit, Anda bisa melakukan berbagai jenis olahraga seperti lari, workout dan olahraga kardio lainnya. 

2. Stres

Tahukah Anda bahwa stres bisa menjadi penyebab perut buncit? Hal tersebut benar, pasalnya saat Anda stres keinginan untuk makan menjadi lebih meningkat. Oleh karena itu Anda akan cenderung kesulitan menjaga pola makan sehat. 

3. Kurang Tidur

Setelah stres, kurang tidur juga merupakan salah satu penyebab perut buncit. Pasalnya kurang tidur sangat berpengaruh terhadap jumlah lemak di area perut. 

Terdapat penelitian, bahwa kurang tidur dari lima jam per hari dapat meningkatkan risiko kelebihan berat badan.

Baca Juga: Simak Cara Daftar, Aktivasi BCA Mobile Lewat Smartphone Tanpa Harus ke Kantor Cabang

4. Bertambahnya Usia 

Tidak bisa dipungkiri bertambahnya usia biasanya seseorang cenderung mengurangi berbagai aktivitas. Hal tersebut bisa menjadi penyebab perut buncit juga loh. 

Namun, hal tersebut bisa dihindari jika menerapkan pola hidup sehat hingga usia lanjut. 

5. Makanan Berlemak

Penyebab perut buncit juga karena terlalu banyaknya asupan makanan berlemak jahat. Hal tersebut sangat berisiko terjadinya penumpukan lemak. 

Apalagi jika Anda makan untuk berolahraga. Untuk menghilangkan perut buncit hindari makanan berlemak jahat dan perbanyak makanan berserat seperti buah-buahan atau sayuran. 

Baca Juga: 25 Universitas Terbaik di Indonesia, Cek Sebelum Daftar SNMPTN 2022

6. Genetik 

Genetik juga bisa menjadi salah satu penyebab perut buncit akibat adanya lemak yang menumpuk. Namun, tidak usah khawatir hal tersebut bisa di atas dengan berbagai usaha. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru