Penyebab Diabetes Tipe 2, Kenali Ciri-Ciri Diabetes Pada Wanita & Pria

Minggu, 15 Januari 2023 | 05:30 WIB Sumber: Siloam Hospitals,Kompas.com
Penyebab Diabetes Tipe 2, Kenali Ciri-Ciri Diabetes Pada Wanita & Pria


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Apa saja penyebab diabetes tipe 2 yang banyak terjadi? Simak juga ciri-ciri diabetes pada wanita dan pria berdasarkan kondisi kulit kaki dan tangan.

Penyebab diabetes tipe 2 harus diwaspadai setiap orang. Pasalnya, diabetes tipe 2 adalah penyakit yang banyak menyerang orang dewasa.

Mengutip website Siloam Hospital, diabetes adalah penyakit metabolik yang terjadi ketika terdapat kadar gula yang tinggi pada tubuh, namun tidak dapat dipergunakan secara maksimal oleh tubuh. Diabetes adalah kondisi yang termasuk ke dalam kategori penyakit kronis berbahaya, terutama jika sudah terjadi komplikasi.

Penyakit diabetes terbagi menjadi dua, yakni tipe 1 dan 2. Diabetes tipe 1 adalah gangguan autoimun, yakni kondisi ketika antibodi yang seharusnya bekerja melindungi tubuh terhadap infeksi, malah berbalik menyerang sel tubuh itu sendiri.

Sedangkan diabetes tipe 2, produksi insulin berjalan normal. Namun, sensitivitas tubuh dalam merespons kadar gula darah menurun sehingga penggunaannya menjadi tidak maksimal.

Umumnya kondisi ini lebih sering terjadi pada orang dewasa, terutama mereka yang sudah berusia di atas 30 tahun. Faktor gaya hidup, seperti kurang melakukan aktivitas fisik, stres, dan konsumsi makanan tinggi gula, memainkan peran penting dalam terbentuknya penyakit ini. Selain itu, faktor genetik dan obesitas yang tidak ditangani dengan baik, cukup berpengaruh dalam peningkatan risiko diabetes tipe 2.

Baca Juga: Tanda Diabetes Pada Wanita & Pria, Cek Penyebab Diabetes Tipe 2

Gula darah merupakan komponen penting dalam tubuh sebagai sumber energi agar fungsi tubuh lebih maksimal saat beraktivitas. Jumlah asupan gula harus disesuaikan dengan aktivitas harian kita.

Namun, yang menjadi masalah adalah saat tubuh mendapatkan asupan gula, sementara aktivitas fisik kita sangat terbatas. Kondisi inilah yang dapat menyebabkan penumpukan gula darah. Dalam jangka panjang, penumpukan gula darah dalam tubuh akan meningkatkan risiko diabetes.

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan tubuh gagal membakar gula yang ada dalam tubuh secara maksimal, di antaranya adalah:

  • Kurangnya aktivitas fisik.
  • Asupan gula yang terlalu tinggi.
  • Terganggunya respons tubuh terhadap insulin.
  • Berkurangnya produksi insulin oleh pankreas.
  • Kinerja insulin terhambat akibat adanya hormon lain.

Ciri-ciri diabetes pada wanita dan pria

Ciri-ciri diabetes pada wanita dan pria bisa dilihat dari kondisi fisik. ciri-ciri diabetes pada wanita dan pria bisa dilihat dari kondisi kaki, kulit, dan tangan.

Setiap orang pria dan wanita perlu mengenali ciri-ciri diabetes agar tidak terlambat diobati.Semakin cepat diabetes diobati, semakin mudah penyembuhannya.

Lalu, apa saja ciri-ciri diabetes pada wanita dan pria berdasarkan kondisi kulit, kaki, dan tangan?

Baca Juga: Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Penderita Diabetes

Dilansir dari Kompas.com, ada 10 ciri-ciri diabetes pada wanita dan pria berdasarkan kondisi kulit kaki dan tangan. Namun untuk memastikan ciri-ciri diabetes pada wanita dan pria, perlu melakukan tes darah.

Berikut penjelasan ciri-ciri diabetes pada wanita dan pria berdasarkan kondisi kulit kaki dan tangan:

1. Bercak kulit 

Ciri-ciri diabetes pada wanita dan pria yang pertama adalah bercak kulit.  Bercak bisa muncul di wajah, tangan, maupun dada dan para ahli meyakininya sebagai kondisi autoimun pada diabetes tipe 1. 

Penelitian yang dipublikasikan pada Juli 2016 di BioMed Research International sempat menelisik keterkaitan vitiligo dan diabetes tipe 1. 

Sayangnya tidak ada obat namun kondisi tersebut bisa diatasi dengan terapi steroid dan cahaya. Penting juga untuk mengoleskan tabir surya dengan minimal 30SPF karena kulit yang kehilangan pigmentasi tidak terlindung dari sinar matahari. 

2. Kulit melepuh 

Ciri-ciri diabetes pada wanita dan pria yang kedua adalah kulit melepuh. Kulit yang melepuh ini berisi cairan atau bullosis diabeticorum. 

Gangguan tersebut dapat muncul di beberapa tempat, seperti jari tangan, kaki, lengan, tangan, atau kaki. Luka seperti luka bakar melepuh akan muncul dan orang yang menderita neuropati diabetik punya risiko tinggi terkena bullosis diabeticorum.  Kulit yang melepuh berisi cairan umumnya tidak terasa sakit dan dapat sembuh dalam beberapa minggu. 

3. Infeksi jamur 

Ciri-ciri diabetes pada wanita dan pria yang ketiga adalah adanya infeksi jamur.  Menurut Everyday Health, orang yang terkena diabetes rentan mengalami infeksi jamur pada kulit mereka yang disebut juga Candida albicans. Dampak yang ditimbulkan oleh jamur mirip ragi ini adalah rasa gatal dan ruam kemerahan. 

Kedua masalah kulit tersebut seringkali dikelilingi sisik atau bekas lepuh, yang mudah muncul di sela-sela jari kaki atau ketiak.  Orang yang menderita diabetes juga berisiko mengalami gatal di selangkangan, infeksi jamur di vagina, kurap, termasuk kutu air.

4. Infeksi bakteri 

Ciri-ciri diabetes pada wanita dan pria yang keempat adalah mengalami infeksi bakteri. Salah satu gangguan infeksi bakteri yang kerap dialami adalah karbunkel (infeksi pada kulit dan jaringan dibawahnya), infeksi kuku, bintitan, dan bisul. Bagian tubuh yang terkena infeksi dapat terasa nyeri, bengkak, panas dan merah. 

5. Muncul eruptive xanthomatosis 

Ciri-ciri diabetes pada wanita dan pria yang kelima adalah muncul eruptive xanthomatosis. Permukaan kulit dapat beruntusan seperti jerawat namun dengan ujung berwarna kuning kemerahan karena orang mengalami diabetes. 

Masalah tersebut disebut sebagai eruptive xanthomatosis yang biasanya disertai rasa gatal. Eruptive xanthomatosis seringkali muncul di pantat, kaki, lengan, dan punggung tangan. 

Masalah kulit ini biasanya menyerang pria muda dengan kolesterol tinggi dan trigliserida (lemak dalam darah) yang sangat tinggi. 

6. Penebalan kulit 

Ciri-ciri diabetes pada wanita dan pria yang keenam adalah mengalami penebalan kulit. Digital sclerosis, kondisi yang menyebabkan kulit tangan mengalami penebalan dapat terjadi pada penderita diabetes.

Akibatnya kulit mereka menjadi semakin kaku, bertekstur seperti lilin, dan mengalami pengerasan. Gangguan yang sama juga dapat muncul pada dahi dan jari kaki, namun jarang terjadi pada pergelangan kaki, siku, dan lutut. 

7. Kulit gatal 

Ciri-ciri diabetes pada wanita dan pria yang ketujuh adalah kulit gatal-gatal. Buruknya sirkulasi darah, infeksi jamur, dan kulit kering menjadi penyebab gatal pada penderita diabetes.

Salah satu bagian tubuh yang mudah terasa gatal adalah kaki bagian bawah karena darah tidak mengalir secara normal.  Cara mengatasi kulit gatal pada penderita diabetes adalah mengoleskan pelembap kulit atau menggunakan sabun yang lembut. 

8. Disfungsi saraf 

Ciri-ciri diabetes pada wanita dan pria yang kedelapan adalah disfungsi saraf. Kerusakan saraf atau neuropati kemugkinan dialami oleh penderita diabetes. Masalah ini adalah komplikasi umum yang mereka alami. 

Neuropati dapat menyebabkan kaki penderita diabetes tidak merasakan sensasi kendati melepuh atau menginjak sesuatu. Risiko lainnya adalah ulkus kaki atau luka terbuka yang berkembang menjadi infeksi. 

9. Ketiak menjadi gelap 

Ciri-ciri diabetes pada wanita dan pria yang kesembilan adalah kulit ketiak menjadi gelap. Kulit penderita diabetes dapat mengalami acanthosis nigricans yang membuat kulit menghitam dan terasa sepertu beludru. Orang yang kelebihan berat badan kemungkinan mengalami hal tersebut dan bisa diatasi dengan menurunkan berat badan. 

10. Ruam kulit 

Ciri-ciri diabetes pada wanita dan pria yang ke-10 adalah ruam kulit. Granuloma anulare menyebabkan kulit muncul ruam seperti cincin, bintin-bintik menonjol, dan bergelombang. Kondisi tersebut umum terjadi di telinga dan tangan dan bisa sembuh dengan sendirinya tanpa obat.

Itulah ciri-ciri diabetes pada wanita dan pria berdasarkan kondisi kulit kaki dan tangan serta penyebab diabetes tipe 2 yang banyak terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru