kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penyebab darah rendah yang jarang orang sadari


Jumat, 04 September 2020 / 13:25 WIB
Penyebab darah rendah yang jarang orang sadari
ILUSTRASI. Menggunakan obat tertentu bisa jadi penyebab darah rendah.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Ada banyak penyebab darah rendah yang dialami seseorang. Mengetahui penyebab darah rendah bisa Anda jadikan cara mengatasi gejala yang mulai dirasakan tubuh.

Mengutip situs American Heart Association, ada beberapa gejala darah rendah yang perlu Anda waspadai. Contohnya, pusing, mual, pingsan, sulit berkonsentrasi, penglihatan mengabur, demam, depresi, dan dehidrasi.

Dehidrasi biasanya menyebabkan tekanan darah turun. Namun, dehidrasi bukanlah satu-satunya penyebab darah rendah. Ada banyak hal lain yang berpotensi untuk menyebabkan seseorang mengalami kondisi tersebut.

Penyebab darah rendah

Sebagian orang sering kali tak menyadari penyebab darah rendah. Darah rendah bisa muncul karena berbagai macam, misalnya, istirahat di tempat tidur atau bed rest dalam jangka waktu lama. 24 minggu pertama kehamilan juga bisa jadi penyebab darah rendah.

Baca Juga: 5 obat darah rendah yang bisa Anda lakukan di rumah

Penyebab darah rendah dapat pula karena jumlah darah. American Heart Association menyebutkan, kehilangan darah karena kecelakaan, dehidrasi, atau pendarahan dalam tubuh bisa jadi penyebab darah rendah.

Beberapa jenis pengobatan tak luput menjadi penyebab dari rendah. Diuretik, obat hipertensi, obat jantung, obat penyakit parkinson, dan antidepresan adalah beberapa jenis obat yang menyebabkan darah rendah.

Dari sekian banyak penyakit jantung, detak jantung rendah abnormal atau bradycardia bisa jadi penyebab darah rendah. Jantung penderita bradycardia tidak mampu memompa darah sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Reaksi alergi, seperti anaphylaxis, bisa jadi penyebab darah rendah lainnya yang tak Anda sadari. Anaphylactic shock merupakan reaksi alergi yang biasanya terjadi pada seseorang yang alergi terhadap obat atau makanan tertentu.

Baca Juga: 3 Makanan penurun darah tinggi yang bisa Anda coba

Ambil contoh, alergi terhadap penisilin atau kacang. Selain menyebabkan darah rendah, reaksi alergi seperti itu juga membuat seseorang kesulitan bernapas, tenggorokan bengkak, dan muncul rasa gatal di tubuh.

Jika Anda menyadari penyebab darah rendah tersebut dan beberapa gejala yang muncul, segera periksakan diri ke dokter. Anda bisa mencatat gejala yang timbul dan aktivitas yang Anda lakukan untuk memudahkan pemeriksaan.

Selanjutnya: Waspadai 9 penyebab tekanan darah tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×