Penyebab dan gejala penyakit liver yang perlu Anda tahu

Senin, 24 Agustus 2020 | 10:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Penyebab dan gejala penyakit liver yang perlu Anda tahu


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Liver atau hati adalah organ dalam tubuh yang berada di bagian kanan perut. Fungsi liver adalah untuk mencerna makanan dan membersihkan tubuh dari zat-zat racun. Gejala penyakit liver muncul saat liver tidak bisa melakukan fungsi tersebut.

Gejala penyakit liver disebabkan karena banyak hal. Bisa karena keturunan, konsumsi alkohol yang berlebihan, obesitas, virus, dan lain sebagainya. Kondisi yang lebih parah bisa terjadi jika gejala penyakit liver tidak segera ditangani. Anda mungkin akan mengalami sirosis hati yang berbahaya bagi kesehatan.

Mayo Clinic (mayoclinic.org) menyebutkan bahwa penyakit liver tidak selalu menunjukkan gejala atau tanda. Biasanya, beberapa gejala penyakit liver yang muncul adalah warna kulit dan mata menguning, sakit perut, kaki bengkak, kulit gatal, urin berwarna gelap, kelelahan kronis, mual, muntah, dan lain-lain.

Baca Juga: 5 obat pembersih pembuluh darah dari bahan alami

Seperti yang sudah disebutkan, gejala penyakit liver bisa dikarenakan oleh banyak faktor. Mayo Clinic mengatakan ada beberapa penyebab yang perlu Anda ketahui, yaitu infeksi, sistem imun abnormal, dan genetik.

Infeksi

Gejala penyakit liver bisa muncul karena adanya infeksi parasit atau virus. Dua hal itu membuat liver inflamasi dan mengalami penurunan fungsi. Virus bisa berasal dari makanan atau minuman yang Anda konsumsi atau dari orang lain yang sudah terinfeksi terlebih dahulu.

Kemudian, virus tersebar dalam tubuh melalui aliran darah. Mayo Clinic menyebutkan bahwa tipe infeksi liver yang paling umum adalah virus hepatitis, termasuk hepaititis A, B, dan C.

Sistem Imun Abnormal

Penyakit autoimun juga bisa jadi penyebab munculnya gejala penyakit liver. Beberapa jenis penyakit autoimun yang menyerang liver adalah hepatitis autoimun, primary biliary cholangitis, dan primary sclerosing cholangitis.

Baca Juga: Cara menurunkan berat badan alami yang aman dilakukan

Genetik

Gejala penyakit liver juga bisa timbul karena kondisi riwayat kesehatan keluarga atau genetik. Mayo Clinic menyebutkan beberapa penyakit liver yang disebabkan keturunan adalah hemokromatosis, penyakit wilson, dan lain sebagainya.

Selain penyebab-penyebab di atas, ada beberapa faktor resiko yang bisa meningkatkan kemungkinan Anda mengalami gejala penyakit liver. Beberapa di antaranya adalah konsumsi alkohol yang berlebihan, obesitas, diabetes tipe 2, tato atau tindik tubuh, menyuntikkan obat dengan jarum yang dipakai bergantian dengan orang lain, dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru