Penyebab dan Cara Mengobati Radang Tenggorokan, Bisa Dengan Bahan Herbal

Kamis, 15 September 2022 | 07:03 WIB Sumber: Kompas.com
Penyebab dan Cara Mengobati Radang Tenggorokan, Bisa Dengan Bahan Herbal

ILUSTRASI. Penyebab dan Cara Mengobati Radang Tenggorokan, Bisa Dengan Bahan Herbal


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak penyebab dan cara mengobati radang tenggorokan. Sejumlah bahan herbal bisa menjadi obat alami untuk mengatasi radang tenggorokan.

Obat herbal radang tenggorokan penting diketahui setiap orang. Obat herbal bisa menjadi pertolongan pertama saat radang tenggorokan datang.

Radang tenggorokan memang bukan penyakit mematikan. Namum, radang tenggorokan menjadikan rasa tidak nyaman di tenggorokan. Mmulut dan kerongkongan terasa kering hingga membuat seseorang mengalami kesulitan dalam menelan.

Dalam istilah medis, penyakit radang tenggorokan biasa disebut dengan faringitis. Ini merupakan sejenis peradangan pada selaput lendir yang melapisi bagian belakang tenggorokan atau faring. Penyakit yang satu ini bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu satu minggu atau bahkan lebih.

Tetapi, semua itu tergantung bagaimana kita mengobatinya sampai gaya hidup seperti apa yang diterapkan. Secara umum, faringitis sama seperti penyakit infeksi akibat bakteri atau virus lain, karena dapat menular melalui kontak langsung.

Baca Juga: Tanpa Ke Apotek, Ini Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami

Sejumlah aktivitas yang dapat menularkan radang tenggorokan misalnya kegiatan yang melibatkan air liur atau lendir. Seperti makan atau minum dari peralatan makan yang sama, batuk atau bersin, penggunaan sikat gigi yang sama hingga berciuman.

Meski dapat dikatakan gejalanya tidak berbahaya, namun pengobatan yang tepat seperti diagnosis, dan pencegahan perlu dilakukan agar mempercepat proses penyembuhan dan mencegahnya kambuh lagi.

Cara mudah dan cepat menyembuhkan radang tenggorokan

Sebagaimana dikutip Medical News Today, radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi virus, seperti; Virus penyebab pilek yang meliputi rhinoirus, coronavirus atau parainfluenza. Adenovirus yang merupakan penyebab konjungtivitis atau peradangan pada area mata dan flu biasa.

Virus Epstein-Barr yang memicu mononukleosis atau infeksi virus menular yang menyebabkan berbagai gejala mirip flu. Di samping itu, radang tenggorokan juga dapat terjadi akibat infeksi bakteri.

Beberapa bakteri tersebut adalah bakteri Streptococcus A, C dan G, bakteri penyebab penyakit klamidia, gonorea hingga bakteri penyebab infeksi pernapasan (mycoplasma pneumoniae).

Sejumlah faktor lain yang dapat meningkatkan risiko terkena radang tenggorokan antara lain memiliki riwayat alergi, sinusitis atau kebiasaan merokok hingga terlalu sering terpapar asap rokok.

Gejala radang tenggorokan

Banyak yang mengira bahwa radang tenggorokan hanya menimbulkan gejala sakit atau tenggorokan terasa kering. Padahal, ada sejumlah gejala lain yang mungkin muncul tergantung skala infeksinya.

Beberapa gejala radang tenggorokan antara lain; batuk, sakit kepala, pilek, Iritasi mata, amandel bengkak, hidung berair, pembengkakan kelenjar getah bening, kelelahan, rasa sakit saat menelan, bercak kemerah-merahan di langit-langit mulut, suara menjadi serak

Obat radang tenggorokan

Perawatan dan pengobatan radang tenggorokan biasanya disesuaikan setelah pasien mendapatkan diagnosis dari dokter terkait penyebabnya. Untuk radang yang disebabkan oleh infeksi bakteri, dokter biasanya akan meresepkan obat antibiotik seperti amoksilin atau penisilin.

Penggunaan antibiotik ini dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah komplikasi lainnya seperti demam. Sementara untuk radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus, gejalanya tidak dapat diobati dengan antibiotik, tetapi dapat sembuh dengan sendirinya tergantung daya tahan tubuh.

Meski demikian, beberapa gejala yang menyertai seperti demam atau nyeri dapat diatasi dengan obat pereda rasa nyeri atau mengurangi demam dengan minum obat semacam ibuprofen atau acetaminophen. Di samping itu, seseorang yang menderita radang tenggorokan juga disarankan untuk lebih banyak istirahat, menjaga asupan cairan tubuh, menggunakan pelembap udara di ruangan, berkumur dengan air garam, minum air hangat serta mengonsumsi vitamin yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Bahan herbal dan alami untuk obat radang tenggorokan

Mengutip Kompas.com, ada sejumlah bahan alami dan herbal untuk obat radang tenggorokan. Berikut adalah obat untuk sakit tenggorokan dari bahan alami yang disarikan Kompas.com dari Penn Medicine:

1. Air garam 

Bahan alami dan herbal yang pertama untuk obat radang tenggorokan adalah air garam. Meski air garam tidak langsung meredakan sakit tenggorokan, ia merupakan obat yang efektif untuk membunuh bakteri.  Selain itu, air garam juga berguna untuk mengencerkan lendir hingga meredakan nyeri akibat sakit tenggorokan. 

2. Madu 

Bahan alami dan herbal yang kedua untuk obat radang tenggorokan adalah madu. Charlotte Smith, MD, dokter di Penn Urgent Care, South Philadelphia, mengatakan bahwa madu adalah salah satu obat terbaik untuk sakit tenggorokan. 

Madu dengan sifat antibakterinya memungkinkan penyembuhan luka untuk sakit tenggorokan sehingga rasa nyeri pun bisa diredakan.  Jika mengalami batuk parah saat sakit tenggorokan, madu juga efektif digunakan sebagai obat penekan batuk. 

3. Lemon 

Bahan alami dan herbal yang ketiga untuk obat radang tenggorokan adalah air lemon. Sama seperti air garam, lemon juga dapat membantu memecah lendir dan meredakan nyeri akibat sakit tenggorokan. 

Terlebih lagi, vitamin C dalam lemon mampu meningkatkan sistem kekebalan dan memberikan kekuatan lebih untuk melawan infeksi. 

4. Saus pedas 

Bahan alami dan herbal yang keempat untuk obat radang tenggorokan adalah saus pedas.Mungkin terdengar aneh, namun saus pedas memang bisa digunakan sebagai obat untuk sakit tenggorokan. 

Saus pedas mengandung capsaicin tinggi yang dapat digunakan untuk melawan peradangan dan meredakan nyeri. Biasanya, saus pedas untuk obat sakit tenggorokan dicampur dengan segelas air hangat dan digunakan untuk berkumur. 

5. Teh 

Bahan alami dan herbal yang kelima untuk obat radang tenggorokan adalah teh. Ada banyak jenis teh herbal yang bisa digunakan untuk obat sakit tenggorokan, seperti teh cengkeh dan teh hijau. 

Selain itu, teh kamomil juga pilihan yang bagus untuk mengatasi suara serak atau sulit bicara akibat sakit tenggorokan. Ada pula teh peppermint yang secara alami mampu menghilangkan rasa nyeri sehingga tenggorokan terasa lebih nyaman.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Fakta Penyakit Radang Tenggorokan, Penyebab, Gejala dan Pengobatannya",  dan "5 Obat untuk Sakit Tenggorokan dari Bahan Alami", 
 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru