kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penyebab dan Cara Mencegah Sakit Leher Saat Bangun Tidur


Rabu, 18 Oktober 2023 / 11:02 WIB
Penyebab dan Cara Mencegah Sakit Leher Saat Bangun Tidur
ILUSTRASI. Sakit leher saat bangun tidur disebabkan oleh posisi tidur yang salah.


Reporter: kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

SAKIT LEHER - Leher terasa sakit saat bangun tidur bisa disebabkan oleh posisi tidur yang salah. Ini cara mencegah leher sakit saat bangun tidur.  

Pernakah Anda merasa sakit di bagian leher setelah bangun dari tidur? 

Baca Juga: 4 Bahan Alami Ini Bermanfaat Meluruhkan Batu Ginjal

Jika pernah, bisa jadi hal itu karena bantal atau posisi tidur kita yang keliru. 

Menurut chiropraktor dari Cleveland Clinic, Andrew Bang, jenis bantal dan cara kita memposisikan diri menjelang tidur juga bisa memengaruhi kondisi tubuh saat bangun. 

"Memilih bantal yang tepat, menghilangkan beberapa kebiasaan tidur yang buruk, dan mengetahui cara terbaik untuk memposisikan diri di tempat tidur bisa membantu meningkatkan kualitas tidur kita," ucapnya. 

Penyebab sakit leher 

Sakit leher bisa terjadi karena kebiasaan yang buruk, seperti membungkuk saat duduk atau postur tubuh keliru saat berjalan. 

Apalagi, kebiasaan bermain ponsel atau komputer juga bisa memengaruhi kondisi leher. 

"Tidur dengan posisi dagu ke dada dapat membuat otot leher tegang karena sebagian besar aktivitas kita sehari-hari dilakukan dengan cara itu," ucap Bang. 

Selain itu, tidur miring dengan kepala ditekuk atau tidur tengkurap dengan kepala miring juga bisa menyebabkan hal yang sama. 

Lalu bagaimana cara mencegahnya? 

Menurut laporan Harvard Medical School, ada dua posisi tidur terbaik untuk mencegah sakit leher, yaitu tidur miring dan telentang.

1. Tidur telentang 

Jika memilih posisi tidur telentang, pilih bantal berbentuk bulat untuk menopang lekuk alami leher.Gunakan pula bantal yang lebih rata sebagai bantalam kepala. 

Hindari penggunaan bantal yang terlalu tinggi atau kaku agar leher tidak tertekuk dan memicu nyeri. 

2. Tidur miring 

Jika memilih tidur miring, jaga agar tulang belakang tetap lurus dengan menggunakan bantal yang tinggi atau padat agar posisi leher dan kepala sejajar. 

Salah satu cara terbaik untuk mencegah sakit leher adalah memilih bantal yang tepat untuk tidur. 

Posisi tidur yang harus dihindari 

Hindari tidur dalam posisi tengkurang karena membuat punggung melengkung dan leher miring ke samping. 

Selain memicu sakit leher, tidur telentang juga bisa memicu ketegangan di area tulang belakang. Tulang belakang adalah saluran saraf. 

Tekanan di area tersebut bisa memicu rasa sakit di sekujur tubuh. Alhasil, kita juga bisa mengalami kesemutan dan mati rasa.

Baca Juga: Bumbu Dapur Ini Melumpuhkan Kolesterol dan Tekanan Darah Tinggi

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sakit Leher saat Bangun Tidur, Begini Solusinya", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×