kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 7 Penyebab Jari Tangan Kaku saat Bangun Tidur, Waspada Penyakit Penyerta


Selasa, 17 Oktober 2023 / 14:51 WIB
Ini 7 Penyebab Jari Tangan Kaku saat Bangun Tidur, Waspada Penyakit Penyerta


Penulis: Bimo Kresnomurti

Penyebab Jari Tangan Kaku - JAKARTA. Simak penyebab jari tangan kaku saat bangun tidur. Kondisi nyeri yang berada pada bagian jari tangan bisa saja menandakan masalah kesehatan.

Jari tangan yang terasa kaku saat bangun tidur adalah gejala umum yang dapat disebabkan oleh beberapa faktor, dan kondisi ini dikenal sebagai morning gel.

Sendi memerlukan pelumasan agar dapat beroperasi dengan lancar. Itu sebabnya Anda meminyaki atau melumasi engsel pintu yang berderit.

Sendi Anda dilengkapi dengan pelumas alami yang dikenal sebagai cairan sinovial. Cairan kental ini mengisi ruang pertemuan antar tulang.

Baca Juga: 5 Gejala Asam Urat di Jempol Kaki dan Cara Mengobatinya

Bahannya yang licin memungkinkan pergerakan halus pada lutut, siku, dan sendi lainnya. Semakin banyak Anda bergerak, semakin banyak cairan ini bersirkulasi di persendian Anda untuk menjaga semuanya tetap lancar.

Namun saat Anda istirahat, pelumas itu mengendap dan mengental.  Hal ini umum terjadi dan dapat memengaruhi orang dari segala usia.

Sayangnya, ada beberapa penyakit lain yang ditandai dengan adanya jari tangan kaku saat bangun tidur.

Penyebab jari tangan kaku

Bangun tidur jari tangan kaku

Berikut adalah beberapa penyebab dan faktor yang dapat menyebabkan jari tangan kaku saat bangun tidur dilansir dari laman Cleveland.

1. Osteoarthritis dan Arthritis Lainnya

Apabila Anda memiliki osteoarthritis atau jenis arthritis lain yang mempengaruhi sendi, seperti arthritis rheumatoid, gejala kaku pada jari tangan bisa lebih parah setelah bangun tidur.

2. Reaksi Peradangan

Beberapa kondisi, seperti tendinitis atau arthritis, dapat menyebabkan peradangan di sendi tangan. Saat tidur, peradangan ini bisa memburuk dan mengakibatkan jari-jari terasa kaku saat bangun tidur.

3. Tumpukan Cairan di Sendi

Selama tidur, cairan tubuh dapat terkumpul di sekitar sendi tangan, terutama jika tangan berada di posisi tertentu selama tidur. Ini dapat menyebabkan rasa kaku dan sulit untuk menggerakkan jari-jari saat bangun tidur.

Saat Anda terbangun, pastikan untuk menggerakan jari tangan secara perlahan agar cairan pada sendi bisa mulai mencair.

4. Pola Tidur dan Posisi Tangan

Posisi tidur yang tidak alami atau tangan yang terlipat atau tertekuk selama tidur dapat menyebabkan penumpukan tekanan pada sendi, sehingga jari tangan terasa kaku ketika bangun tidur.

Saat posisi tidur buruk seperti tertindih juga menjadi penyebab jari tangan kaku saat bangun tidur.

5. Kondisi Medis Lain

Beberapa kondisi medis seperti sindrom terowongan karpal, lupus, atau gangguan neurologis tertentu dapat mempengaruhi sensasi dan gerakan jari-jari tangan setelah bangun tidur.

6. Suhu Ruangan dan Kelembaban Udara

Suhu ruangan yang dingin atau kelembaban udara yang rendah dapat mempengaruhi sendi dan otot, menyebabkan rasa kaku pada jari-jari tangan saat bangun tidur.

7. Aging (Penuaan)

Proses penuaan dapat mengakibatkan penurunan elastisitas dan fleksibilitas sendi dan jaringan ikat, yang dapat menyebabkan rasa kaku di pagi hari.

Untuk mengatasi jari tangan yang terasa kaku saat bangun tidur, Anda dapat mencoba melakukan peregangan sederhana untuk jari-jari, memijat tangan, atau merendamnya dalam air hangat.

Apabila gejala berlanjut atau memburuk, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk evaluasi lebih lanjut dan diagnosis yang tepat.

Baca Juga: 6 Cara Menurunkan Asam Urat Tinggi Secara Alami, Mau Coba?

Itulah sederet penyebab jari tangan kaku saat bangun tidur yang menjadi tanda masalah kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×