Penyebab, Cara Mengatasi, dan Gejala Maag yang Perlu Anda Tahu

Kamis, 27 Januari 2022 | 13:37 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Penyebab, Cara Mengatasi, dan Gejala Maag yang Perlu Anda Tahu

ILUSTRASI. Mengenali gejala maag membantu Anda mendpaat perotolongan dengan cepat. Tribun Jateng/ Hermawan Handaka.


KONTAN.CO.ID - Maag adalah sekumpulan kondisi yang biasanya Anda alami ketika ada masalah di lambung atau saluran pencernaan yang lain. Supaya kondisinya tak bertambah parah, Anda perlu mengenali gejala maag, termasuk penyebab dan cara mengatasinya.

Jika Anda merasakan gejala gastritis, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat. Nantinya, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan, seperti endoskoi atau X-ray.

Jenis pemeriksaan lain yang biasanya juga dilakukan adalah tes darah, tes pernapasan, dan melihat kondisi feses yang Anda keluarkan. Dokter akan melihat apakah terdapat bakteri penyebab gastritis di feses Anda. Dengan cara-cara tersebut, gastritis lebih mudah untuk terdiagnosa.

Gejala maag

Gejala maag yang Anda alami mungkin berbeda dengan orang lain. Namun, beberapa ciri-ciri gastritis yang umum terjadi adalah sakit perut, sendawa, cegukan, mual, muntah, perut terasa penuh dan muncul sensasi terbakar, kehilangan nafsu makan, dan feses yang keluar bercampur dengan darah.

Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter. Jika tidak, ada beberapa komplikasi yang bisa Anda alami, seperti tumor atau polip lambung. Infeksi bakteri H. pylori atau penyakit autoimun juga dapat menyebabkan gastritis atropik.

Baca Juga: Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Tanpa Obat, Cukup Pakai Jahe

Penyebab maag

Sakit perut adalah salah satu gejala maag.

Mengutip dari Cedars Sinai, ada banyak faktor penyebab gastritis. Mulai dari mengonsumsi makanan pedas dan alkohol dalam jumlah banyak, kebiasaan merokok, stres, hingga penggunaan jenis obat tertentu dalam jangka waktu lama.

Kondisi kesehatan yang mengganggu tubuh Anda juga memiliki dampak yang sama. Kondisi kesehatan yang dimaksud adalah infeksi bakteri atau virus, operasi besar, kecelakaan, penyakit autoimun, anemia, dan GERD atau gastroesophageal reflux disease.

Baca Juga: Jangan Abaikan Ciri-Ciri Penyakit Maag yang Sudah Parah Ini

Cara mengatasi maag

Cedars Sinai menyebutkan, gastritis bisa diobati sesuai dengan gejala, usia, dan kondisi kesehatan secara keseluruhan. Dokter akan memberikan obat-obatan yang Anda butuhkan supaya penyakit tersebut bisa sembuh.

Selain mengonsumsi obat yang diresepkan dokter, ada beberapa cara lain yang perlu Anda lakukan supaya gejala yang Anda rasakan tak semakin parah. Mulai dari menghindari konsumsi makanan pedas dan alkohol berlebih, menjaga kebersihan, hingga tidak mengonsumsi obat yang tidak disarankan dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru