Jangan Abaikan Ciri-Ciri Penyakit Maag yang Sudah Parah Ini

Sabtu, 22 Januari 2022 | 06:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Jangan Abaikan Ciri-Ciri Penyakit Maag yang Sudah Parah Ini


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda mengalami penyakit maag karena adanya beberapa masalah di lambung dan sistem pencernaan yang lain. Nah, Anda perlu mewaspadai ciri-ciri penyakit maag yang sudah parah karena bisa mengganggu kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Ada banyak faktor yang memicu terjadinya maag. Mulai dari konsumsi makanan, minuman, atau jenis obat tertentu, luka pada lambung, masalah sistem pencernaan, dan lain sebagainya. Tiap faktor yang Anda alami membutuhkan jenis perawatan yang berbeda-beda.

Makanya, jangan ragu untuk segera membicarakan gejala yang terjadi dengan dokter. Nantinya, dokter akan memberikan saran pengobatan yang sesuai dengan kondisi dan gejala apa saja yang Anda alami.

Sakit Perut

Sakit perut adalah gejala maag yang umum terjadi. Rasa sakit dimulai di sekitar atas pusar hingga di bawah tulang dada. Mengutip dari Emedicine Health (emedicine.health.com), sakit sebagai ciri-ciri penyakit maag yang sudah parah bisa menjalar hingga ke bagian punggung.

Setelah makan, sakit perut karena maag bisa Anda alami, apalagi jika tidak ada makanan lain yang membuat perut Anda kosong. Maka dari itu, rasa sakit lebih sering terjadi di malam hari atau saat Anda bangun di pagi hari.

Baca Juga: Menyehatkan, coba 4 makanan untuk penderita asam lambung ini

Muntah Darah

Selanjutnya, Anda bisa muntah darah sebagai ciri-ciri penyakit maag yang sudah parah. Apabila Anda mengalami kondisi itu, usahakan untuk segera mendapat perawatan medis, ya. Jika tak segera diobati, kondisi itu bisa memperparah kondisi kesehatan Anda.

Buang Air Besar Berdarah

Selain muntah darah, buang air besar berdarah juga dapat terjadi. Emedicine Health juga mengimbau Anda untuk mewaspadai warna feses yang gelap, meski tidak ada darah di feses tersebut. Dengan mewaspadai kondisi itu, diharap Anda bisa segera mendapat pertolongan yang sesuai.

Baca Juga: Ini 6 ciri-ciri asam lambung yang wajib Anda waspadai

Gejala Anemia

Mudah lelah dan gejala anemia lain bisa jadi ciri-ciri penyakit maag yang sudah parah.

Terkait gejala maag yang sudah disebutkan, Anda berisiko mengalami gejala anemia karena Anda kehilangan banyak darah. Beberapa gejala anemia yang dapat Anda alami adalah kelelahan, tidak punya energi, kulit pucat, dan jantung berdetak lebih cepat daripada biasanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru