kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penyebab bisul bisa sembuh dengan 3 bahan alami ini


Selasa, 20 Oktober 2020 / 13:55 WIB
Penyebab bisul bisa sembuh dengan 3 bahan alami ini


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Salah satu penyebab bisul adalah infeksi bakteri yang menyebabkan folikel rambut meradang. Biasanya, bisul muncul di wajah, leher, ketiak, atau bokong dalam bentuk benjolan merah dan mengandung nanah.

Seseorang yang mengalami penyakit ini akan merasa tidak nyaman dan sakit.

Tapi, cara mengobati bisul tak boleh sembarangan. Jika Anda asal memencet benjolan merah, dikhawatirkan akan muncul bisul baru.

Anda bisa mengatasi bisul dengan berkonsultasi pada dokter. Nantinya, dokter akan mengeluarkan nanah dalam bisul dengan alat-alat yang steril.

Selain mengunjungi dokter, penyebab bisul juga bisa diobati dengan bahan alami. Namun, pastikan untuk menggunakan bahan-bahan berikut hanya jika kondisi bisul tidak parah.

Baca Juga: Amazing! Kacang hijau bisa mengobati bisul hingga darah tinggi

Tea tree oil

Mengutip dari Healthline, tea tree oil mengandung antibakteri dan antiseptik sehingga cocok digunakan untuk mengobati bisul. Tapi, jangan gunakan tea tree oil langsung di kulit, ya.

Hal itu bisa menyebabkan efek terbakar sehingga menyebabkan bisul semakin parah.

Anda bisa mencampurkan lima tetes tea tree oil dengan 1 sendok teh minyak kelapa atau minyak zaitun terlebih dahulu. Setelah itu, gunakan kapas untuk mengaplikasikannya pada bisul.

Lakukan cara ini dua hingga tiga kali sehari sampai bisul benar-benar kering.

Bubuk kunyit

Penyebab bisul juga bisa diatasi dengan bubuk kunyit. Selain memiliki kandungan antibakteri, bubuk kunyit juga mengandung antiinflamasi yang bisa menyembuhkan bisul dengan cepat.

Anda bisa menggunakan bubuk kunyit langsung pada bisul dengan cara mencampurnya bersama air hingga berbentuk pasta. Cara ini dapat Anda lakukan sebanyak minimal dua kali dalam sehari.

Jika Anda ingin mengonsumsinya, rebus 1 sdt bubuk kunyit dalam air atau susu. Setelah mendidih, diamkan dulu beberapa saat hingga dingin dan bisa diminum. Konsumsi rebusan bubuk kunyit tiga kali sehari.

Baca Juga: 5 Cara mengobati kutu air yang efektif dilakukan

Garam inggris

Healthline menyebutkan, garam inggris atau epsom salt juga bisa dipakai untuk mengobati penyebab bisul. Bahan alami ini mampu menghilangkan nanah dalam bisul sehingga membuatnya cepat kering.

Pertama, larutkan garam inggris pada air hangat terlebih dahulu. Selanjutnya, celupkan handuk lalu gunakan untuk mengompres bisul.

Lakukan cara ini selama 20 menit. Anda bisa mengompres bisul dengan larutan garam inggris minimal tiga kali sehari sampi bisul benar-benar hilang.

Selanjutnya: Lidah buaya ampuh mengobati bisul, begini cara kerjanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×