Penularan Virus Corona lebih beresiko di 5 tempat ini

Rabu, 21 Oktober 2020 | 14:38 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Penularan Virus Corona lebih beresiko di 5 tempat ini

ILUSTRASI. Gym jadi salah satu tempat penularan Virus Corona yang beresiko. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyebaran Virus Corona bisa terjadi di mana-mana. Berbagai protokol kesehatan perlu dilakukan secara disiplin. Mulai dari menjaga jarak, memakai masker dengan cara yang benar, dan rajin mencuci tangan. Selain itu, menghindari tempat-tempat berikut juga penting untuk Anda lakukan.

Rumah

Ahli penyakit menular, Dr. Anthony Fauci, mengatakan bahwa ada beberapa tempat di mana penularan Virus Corona lebih mudah terjadi. Mengutip dari Yahoo Life (yahoo.com), salah satu tempat yang dimaksud adalah rumah Anda sendiri.

Hal itu disampaikan Dr. Fauci dalam acara virtual The National Academy of Medicine. Biasanya, Virus Corona tersebar saat anggota keluarga menyentuh alat-alat rumah tangga. Artinya, rajin membersihkan seluruh sudut rumah penting untuk dilakukan.

Anda bisa menggunakan disinfektan yang dijual di pasaran atau yang terbuat dari bahan-bahan alami. Bersihkan permukaan benda yang sering dipegang dengan disinfektan tersebut. Misalnya, gagang pintu, alat makan, permukaan meja, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Selain 3M, tambahkan 3K untuk memutus mata rantai Covid-19

Panti Jompo

Selain rumah, Dr. Fauci mengatakan bahwa panti jompo juga rentan sebagai tempat penularan Virus Corona. Melansir dari Yahoo Life, banyak kasus Covid-19 yang terjadi di panti jompo dan banyak pula pasien yang akhirnya meninggal.

Pertemuan Keluarga

Karena pandemi Virus Corona belum berakhir, sebaiknya hindari acara pertemuan keluarga. Alih-alih bertemu secara langsung, Anda masih bisa menjalin komunikasi dengan anggota keluarga yang lain secara virtual.

Anda bisa memanfaatkan kemajuan teknologi berupa media sosial, panggilan suara, atau panggilan video. Dengan begitu, penularan Virus Corona bisa dicegah dan anggota keluarga bisa tetap sehat.

Baca Juga: Begini tips jaga jarak yang benar menurut Satgas Covid-19

Restoran

Virus Corona rentan tersebar di dalam restoran.

Dr. Fauci mengatakan, makan di restoran cukup beresiko dilakukan saat pandemi Virus Corona. Makan di dalam restoran, apalagi dengan ventilasi ruangan yang  buruk, akan meningkatkan resiko Anda terkena Covid-19. Anda bisa menghindari hal tersebut dengan membawa makanan ke rumah (take away).

Gym

Meski harus menjaga kesehatan, bukan berarti Anda harus melakukannya di gym. Gym menjadi tempat lain yang dikatakan Dr. Fauci sebagai tempat yang beresiko terjadinya penularan Virus Corona. Sebaiknya, lakukan olahraga di rumah sehingga Anda terhindar dari infeksi Virus Corona.

Selanjutnya: Seperti cuci tangan, bisakah gosok gigi mencegah corona?

Editor: Belladina Biananda


Terbaru