HOME

Penularan virus corona lewat udara terjadi di ruangan bersirkulasi buruk

Jumat, 10 Juli 2020 | 17:20 WIB Sumber: Kompas.com
Penularan virus corona lewat udara terjadi di ruangan bersirkulasi buruk

ILUSTRASI. Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto saat memberikan keterangan di Graha BNPB, Jakarta. Penularan corona lewat udara terjadi di ruangan bersirkulasi buruk.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, WHO menyebut penularan Covid-19 lewat udara disebabkan oleh mikro droplet

"Beberapa hari ini kita mendengar kekhawatiran masyarakat terkait sebaran Covid-19 yang diterjemahkan bisa disebarkan lewat udara," ujar Yuri dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jumat (10/7). 

Baca Juga: UPDATE Corona Indonesia, Jumat (10/7): 72.347 kasus, 33.529 sembuh, 3.469 meninggal

"Beberapa kali kami mencoba berkomunikasi dengan WHO, sebenarnya kasus ini lebih cenderung disebarkan oleh mikro droplet, yakni droplet yang sangat kecil, " lanjutnya. 

Mikro droplet ini bisa bertahan lebih lama di satu ruangan manakala sirkulasi udara di ruangan itu tidak berjalan dengan baik. 

Sehingga partikel-partikel droplet itu tertahan melayang-layang cukup lama di udara. "Kondisi ini memungkinkan siapapun yang nantinya berada di ruangan itu dan tidak terlindung karena tak pakai masker, atau pakai masker tapi tidak dipakai dengan baik sangat bisa tertular," ungkap Yuri. 

Sehingga, dia mengingatkan bahwa memakai masker dengan baik sangat penting untuk dibiasakan. Kedua, upayakan di semua ruang kerja kita dijamin sirkulasi udaranya berlangsung dengan baik.

 Baca Juga: Perhatian, virus corona menyebar di udara dan menular

"Sehingga setiap saat udara kita bisa digantikan dengan udara baru yang lebih segar. Paksakan udara bergerak, apakah menggunakan kipas angin atau penghisap udara. Agar semuanya selalu bergerak," tutur Yuri. 

Ketiga, jika memungkinkan, jendela dibuka pada pagi hai agar udara segar dari luar bisa masuk "Ini adalah upaya kita agar udara yang terjebak di ruang kerja tak tertahan sampai berhari-hari tanpa ada surkulasi yang memadai," tambahnya. (Dian Erika Nugraheny)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penularan Covid-19 Lewat Udara Disebabkan oleh Mikro Droplet, Terjadi di Ruangan Bersirkulasi Buruk"

Editor: Tendi Mahadi


Terbaru