Pentingnya peranan orang tua dalam menyukseskan program Pembelajaran Tatap Muka (PTM)

Sabtu, 25 September 2021 | 09:45 WIB   Reporter: Vina Elvira
Pentingnya peranan orang tua dalam menyukseskan program Pembelajaran Tatap Muka (PTM)

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Pemerintah sudah memulai melakukan program Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di beberapa daerah. Epidemiolog pun menyebut peran orang tua sangatlah besar untuk menyukseskan program tersebut.

Tak hanya secara fisik, persiapan mental juga tak boleh luput dari pengawasan orang tua ketika anak-anaknya mulai menjalankan PTM.

"Dalam menyiapkan peralatan protokol kesehatan (prokes) juga, mulai dari masker dan handsanitizer. Ini menjadi sangat penting," ujar Epidemiolog dari Universitas Griffith Australia Dicky Budiman kepada Kontan.co.id, Jumat (24/9).

Dia memaparkan, persiapan sejak dari dalam rumah juga perlu dioptimalkan. Seperti misalnya, anak harus dipastikan sudah sarapan dan minum air putih yang cukup dari rumah, sehingga dapat menghindari anak terlalu sering membuka masker selama berada di area sekolah.

Lebih dari itu, peran orang tua untuk menjaga kesehatan juga sangat penting demi menyukseskan PTM terbatas. Pertama, para orang tua harus divaksin untuk mengurangi risiko penularan di area tempat tinggal.

Baca Juga: 7 Langkah untuk menghindari Covid-19 atau penyakit lain saat naik pesawat

Kedua, bagi orang tua yang sering beraktivitas di lapangan, diharapkan dapat menjaga prokes-nya dengan ketat dan juga lebih berhati-hati ketika berinteraksi dengan anaknya.

"Karena mereka jadi berisiko, apalagi ada yang dari daerah seperti baru pulang dinas. Masih bisa satu rumah, tapi dibatasi interaksinya. Kemudian, kalau ada aktivitas di luar, jangan dikit-dikit bawa anak, biar anak utamakan sekolah kan bermain di sekolah bisa. Ini yang harus dilakukan," jelas Dicky.

Ketiga, orang tua juga harus aktif menjadi bagian dari satgas Covid-19 dan ikut berpartisipasi mendampingi para guru supaya anak-anaknya tertib saat melaksanakan PTM.

"Jadi anak-anak bisa mendapatkan dukungan fisik dan moril," kata dia.

Dihubungi secara terpisah, Direktur PT Trans Power Marine Tbk (TPMA) Rudi Sutiono berpendapat hal serupa. Dia mengatakan, peran orang tua untuk menyukseskan program PTM sangatlah besar karena mereka lah yang memberi izin anak-anaknya.

Baca Juga: Jangan lupa hal yang harus diperhatikan bumil sebelum vaksin Covid-19

Dia menjelaskan, sebagai orang tua, Rudi selalu menekankan anaknya untuk tetap menjaga prokes selama PTM seperti memakai masker, menjaga jarak, dan juga menggunakan handsanitizer.

"Secara mental, kami beberapa kali juga mengajak anak kami keluar makan di resto supaya terbiasa dengan suasananya," sebutnya.

"Setiap kali makan keluar, kami bersama anak kami melakukan penyemprotan pada meja dan kursi. Dengan demikian langsung praktik agar terbiasa dengan cara-cara ini," sambung Rudi.

 

Selanjutnya: UPDATE Vaksinasi Covid-19 per 24 September: Ada penambahan vaksinasi 2.343.565 dosis

 

Editor: Anna Suci Perwitasari
Terbaru