Penting, ini gejala usus buntu yang perlu Anda waspadai

Rabu, 20 Januari 2021 | 09:41 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Penting, ini gejala usus buntu yang perlu Anda waspadai

ILUSTRASI. Anda perlu memerhatikan beberapa gejala usus buntu.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyakit usus buntu adalah peradangan yang terjadi di usus buntu Anda. Gejala usus buntu perlu Anda waspadai supaya bisa mendapat perawatan yang tepat dengan cepat. Jika terus dibiarkan, tentu saja kondisi kesehatan Anda bisa terganggu.

Radang usus buntu terjadi karena salurannya tersumbar lendir, parasit, atau benda yang lain. Penyumbatan itu menyebabkan bakteri bisa berkembang sehingga membuat usus buntu menjadi iritasi. Seiring berjalannya waktu, usus buntu dapat pecah karena masalahnya tak diatasi dengan baik.

Saat sudah pecah, bakteri yang berkembang di usus buntu bisa menyerang bagian tubuh yang lain sehingga mengganggu kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan. Maka dari itu, ciri-ciri usus buntu perlu Anda waspadai agar kondisi kesehatan tubuh Anda tak terancam.

Gejala Umum

Gejala usus buntu yang umum terjadi adalah sakit perut. Mengutip dari Healthline, kram dan nyeri biasanya terasa di perut bagian kanan bawah. Seiring berjalannya waktu, Anda akan merasakan sakit perut yang lebih hebat. Bahkan, rasa sakitnya bisa menjalar ke punggung dan selangkangan.

Baca Juga: Ini cara alami mencegah radang usus buntu

Selain sakit perut, masalah pada usus buntu juga dapat menyebabkan Anda mengalami demam. Biasanya, suhu tubuh Anda akan berada di antara 37.2-38 derajat Celcius. Jika usus buntu pecah, suhu tubuh akan meningkat hingga mencapai 38.3 derajat Celcius.

Gejala Pada Anak-Anak

Sama seperti orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalami radang usus buntu. Sayangnya, banyak anak yang masih mengalami kesulitan untuk mengungkapkan rasa sakit yang dialami. Karena itu, peran orangtua sangat dibutuhkan.

Gejala usus buntu pada anak biasanya ditandai dengan mual, muntah, perut bengkak dan terasa sakit hingga ke bagian kanan perut. Jika hal itu terjadi, segera periksakan anak ke dokter agar mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisinya.

Baca Juga: Waspada, inilah 4 penyebab sakit perut sebelah kanan

Gejala Pada Ibu Hamil

Gejala usus buntu pada ibu hamil cukup berbeda dari tanda umum yang dialami banyak orang.

Healthline mengatakan bahwa gejala usus buntu mirip dengan rasa tidak nyaman yang dialami oleh ibu hamil. Misalnya, mual, munta, dan perut yang terasa kram. Namun, gejala radang usus buntu yang dialami oleh ibu hamil cukup berbeda, apalagi jika masa kehamilan sudah tua.

Sesuai dengan usia kehamilan yang bertambah, rahim akan mendorong usus buntu sehingga rasa sakit biasanya Anda alami di perut bagian atas. Selain itu, ibu hamil yang mengalami penyakit usus buntu lebih rentan mengalami heartburn, diare, dan sembelit.

Selanjutnya: 4 Penyebab kram perut bawah yang bisa dialami wanita

Editor: Belladina Biananda
Terbaru