Penting Dikenali, Ini Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi dan Makanan yang Bisa Menurunkannya

Rabu, 16 Maret 2022 | 06:23 WIB Sumber: Kompas.com
Penting Dikenali, Ini Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi dan Makanan yang Bisa Menurunkannya

ILUSTRASI. Penting Dikenali, Ini Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi dan Makanan yang Bisa Menurunkannya


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kolesterol tinggi adalah masalah kesehatan yang banyak dikeluhkan oleh orang dewasa usia 40 tahun ke atas. Agar tidak menimbulkan penyakit berbahaya, berikut ciri-ciri kolesterol tinggi dan makanan yang bisa menurunkan kolesterol secara alami.

Dilansir dari Kompas.com, kolesterol tinggi adalah kondisi ketika seseorang memiliki terlalu banyak zat lemak di dalam darahnya. Penumpukan lemak ini disebabkan makan makanan berlemak, tidak cukup berolahraga, kelebihan berat badan, merokok, dan minum minuman alkohol.

Terlalu banyak kolesterol dapat menyumbat pembuluh darah seseorang. Hal itu membuat seseorang lebih berisiko terkena masalah jantung atau stroke. Lalu, apa saja ciri-ciri tubuh ketika mengalami kadar kolesterol cukup tinggi?

Ciri-ciri kolesterol tinggi

Setidaknya, ada 9 ciri-ciri seseorang mengalami kadar kolesterol tinggi di dalam tubuhnya, seperti muncul gangguan pada mata, kram, hingga nyeri kaki. Berikut ciri-ciri kolesterol tinggi yang perlu dikenali sejak dini.

1. Xanthelasma

Salah satu ciri-ciri kolesterol tinggi, yakni xanthelasma atau muncul bercak kuning di bawah kelopak mata.

2. Xanthomata

Ciri-ciri lain dari kolesterol tinggi, yakni xanthomata atau penumpukan kolesterol yang terlihat dalam jaringan tubuh terutama di kulit dan urat. Seseorang yang mengalami xanthomata biasanya mengalami pembengkakan berbentuk bulat dan berwarna kekuningan.

Baca Juga: Selain Olahraga, Ini Aktivitas Sehari-Hari yang Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

3. Nyeri di dada

Tingginya kadar kolesterol berakibat memunculkan penumpukan plak pada pembuluh darah. Akibatnya, seseorang dengan kolesterol tinggi bisa mengalami gejala / ciri-ciri nyeri dada. Kondisi ini yang menjadi awal mula terjadinya sakit jantung atau serangan jantung sebagai komplikasi dari kolesterol tinggi.

4. Pegal pada tengkuk

Tengkuk terasa pegal-pegal pun bisa menjadi salah satu ciri-ciri kolesterol tinggi. Kondisi ini dikaitkan dengan penumpukan plak di pembuluh darah pada area leher. Penumpukan plak ini dapat menghalangi aliran darah yang ada di leher menuju ke otak.

5. Mudah lelah

Selanjutnya, ciri-ciri seseorang mengalami kolesterol tinggi yang umum terjadi adalah badan mudah lelah. Hal ini dipicu karena munculnya plak di pembuluh darah akibat kadar kolesterol tinggi, sehingga berkurangnya aliran darah ke jaringan tubuh dan menyebabkan kelelahan.

6. Sering mengantuk

Mengantuk juga salah satu ciri-ciri dari kolesterol tinggi dan adanya sumbatan pada pembuluh darah. Kondisi ini dikaitkan dengan kurangnya asupan aliran darah yang membawa oksigen ke otak.

7. Perubahan warna kulit dan kuku

Berkurangnya aliran darah menuju lengan dan kaki akibat penumpukan kolesterol bisa mengubah warna kulit pada kaki dan kuku. Perubahan warna ini terjadi karena sel-sel pada lengan dan kaki tidak mendapatkan pasokan oksigen dan nutrisi yang cukup dari darah.

8. Luka yang sulit sembuh

Luka di bagian lengan dan kaki yang sulit sembuh juga dapat menjadi salah satu ciri-ciri kolesterol tinggi. Hal tersebut lantaran aliran darah menuju lengan dan kaki yang terganggu sehingga jaringan tersebut kekurangan oksigen dan nutrisi. Umumnya, luka akan berubah warna menjadi kecoklatan dan kehitaman.

9. Nyeri kaki

Ciri-ciri lain kolesterol tinggi adalah nyeri kaki. Sering dijumpai bahwa orang dengan kolesterol tinggi akan mengalami nyeri di bagian kaki. Penyebabnya, yakni rasa lelah dan penumpukkan plak kolesterol yang ada pada pembuluh darah arteri di kaki. Hal ini menyebabkan aliran darah terhambat dan muncul rasa sakit atau nyeri pada bagian kaki. Kondisi ini juga bisa terjadi pada tangan.

Editor: Adi Wikanto

Terbaru