kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pengunjung hotel mulai ramai, protokol kesehatan tak boleh abai


Rabu, 17 November 2021 / 08:50 WIB
Pengunjung hotel mulai ramai, protokol kesehatan tak boleh abai


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi Covid-19 di Indonesia, khususnya di wilayah Jabodetabek mulai mereda. Terbukti dari melandainya kasus harian Covid-19 di ibukota dan sekitarnya. Pemerintah pun mulai melonggarkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) menjadi level 1 di wilayah Jabodetabek.

Hal ini turut menggeliatkan industri pariwisata. Mohammad Alif, IT Manager Ibis Tamarin Jakarta mengamini, tingkat occupancy atau keterisian hotel semakin meningkat seiring dilonggarkannya PPKM.

Dia mengatakan, hotel-hotel di sekitar wilayah  Jakarta juga sudah mulai kembali ke kondisi normal. Hanya saja, memang belum sepenuhnya pulih seperti sebelum pandemi.

Manajemen hotel pun memberlakukan protokol kesehatan (prokes) yang ketat untuk mencegah penularan Covid-19 di kalangan pengunjung.

Prokes dari mulai kedatangan tamu di pintu masuk. Pengunjung harus menunjukkan bukti sertifikat vaksin serta mengisi QR code untuk memantau jumlah orang yang berada di lingkungan hotel.

Selain itu, sistem registrasi juga bersifat nirsentuh dengan barang milik tamu seperti kartu tanda penduduk (KTP) hingga uang. Manajemen hotel juga dilengkapi dengan pelindung wajah (faceshield), sarung tangan, dan terdapat pemisah antara tamu dan petugas hotel.  Tombol lift juga dilengkapi dengan sistem nirsentuh.

Baca Juga: UPDATE Corona Indonesia, 16 November: Tambah 347 kasus baru, tetap jaga prokes

Untuk penyediaan makan pagi, pihak hotel juga tidak membolehkan tamu mengambil makanan sendiri, melainkan petugas yang akan mengambilkan makanan.

Sedangkan untuk menu room service kamar, pihak hotel menggunakan QR code sehingga tamu bisa memilih makanan melalui gawai masing masing. Ini bisa menghindarkan dari penyebaran virus melalui benda.

“Bila tamu cek out, kami  selalu melakukan disinfektan dan pencucian towel sprai menggunakan cairan pencuci yang sudah tersertifikasi,” terang Alif kepada Kontan.co.id, Selasa (16/11).

Pihak hotel juga selalu menerapkan protokol kesehatan untuk kesiapan datangnya libur Natal dan tahun baru (Nataru). Prokes dilakukan dengan melakukan disinfektan ke seluruh tempat yang memungkinkan tamu berada, seperti lobi, restoran, dan toilet secara menyeluruh.

Selain itu, dilakukan pengawasan terhadap tamu yang masuk dari luar hotel untuk dilakukan pengecekan, baik itu suhu maupun sertifikat vaksin. Hotel juga membatasi berkumpulnya tamu di lokasi tertentu agar tidak terjadi kontak langsung.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×