kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penelitian: Vitamin C Bisa Mencegah Asam Urat Tinggi


Selasa, 16 Agustus 2022 / 16:06 WIB
Penelitian: Vitamin C Bisa Mencegah Asam Urat Tinggi
ILUSTRASI. Ilustrasi. Asam urat


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Vitamin C memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Hasil penelitian menunjukkan vitamin C efektif mencegah asma urat. 

Vitamin C memberikan dampak positif untuk kesehatan, salah satunya meningkatkan daya tahan tubuh. 

Baca Juga: Menurunkan Gula Darah, Kacang-Kacangan Ini Baik untuk Kesehatan Penderita Diabetes

Mengutip dari WebMD, sebuah penelitian terbaru menunjukkan vitamin C juga bermanfaat mencegah asam urat. 

Para peneliti menemukan laki-laki yang mendapatkan asupan vitamin C dari suplemen dan makanan sekitar 45% lebih kecil kemungkinannya mengembangkan asam urat. 

Peneliti Hyon K.Choi, dari Boston University School of Medicine dan rekannya mengatakan vitamin C bisa mencegah asam urat dengan mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. 

Penumpukan asam urat bisa menyebabkan penumpukan kristal di dalam tubuh menyebabkan rasa sakit, peradangan, dan pembengkakan yang berhubungan dengan asam urat. 

Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Archives of Internal Medicine, peneliti menganalisis hubungan antara asupan vitamin C dan asam urat pada 46.994 laki-laki sehat dari tahun 1986 sampai 2006. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa laki-laki yang memiliki asupan vitamin C lebih tinggi secara konsisten memiliki risiko lebih rendah terkena asam urat dibandingkan yang lainnya. 

Para peneliti menemukan bahwa laki-laki yang mengonsumsi sekitaer 500 miligram vitamin C akan menurunkan sekitar 15% risiko asam urat. 

Para peneliti mengatakan hasilnya menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin C pada tingkat dalam penelitian (kurang dari 2000 mg per hari) mungkin merupakan cara yang aman dan efektif mencegah asam urat. 

Anda bisa mendapatkan asupan vitamin C dengan mengonsumsi buah jeruk, brokoli, dan buah-buahan lainnya. 

Baca Juga: Menurunkan Asam Urat, Ini 5 Manfaat Pare untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×