Menurunkan Gula Darah, Kacang-Kacangan Ini Baik untuk Kesehatan Penderita Diabetes

Selasa, 16 Agustus 2022 | 12:00 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Menurunkan Gula Darah, Kacang-Kacangan Ini Baik untuk Kesehatan Penderita Diabetes

ILUSTRASI. Kacang almond membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kacang tidak selalu buruk untuk kesehatan. 3 Jenis kacang ini bisa membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes. 

Diabetes, penyakit yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Sebab, penyakit ini bisa mengancam nyawa bila tidak segera diobati. 

Baca Juga: Buah-Buahan yang Bikin Kolesterol dan Tekanan Darah Tinggi Minta Ampun

Mengutip dari Kompas.com, penyakit diabetes bisa diditeksi dengan melakukan tes darah untuk mengukur kadar gula darah.

Umumnya penyakit diabetes ditandai dengan sering buang air kecil, sering haus, dan rasa lapar berlebihan. 

Para ahli kesehatan menyarankan penderita diabetes harus selektif dalam memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Hal ini penting untuk menurunkan risiko komplikasi diabetes. Asal tahu saja, beberapa jenis makanan dan minuman bisa memicu lonjakan gula darah. 

Namun, tidak sedikit makanan yang baik dan aman dikonsumsi penderita diabetes, salah satunya kacang-kacangan. 

Kacang dan diabetes 

Mengutip dari NDTV, menurut American Heart Association penderita diabetes tipe 2 dua sampai empat kali lebih mungkin meninggal karena penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang menderita diabetes. 

Kacang mengandung lemak sehat yang bisa membantu melindungi jantung dan berbagai penyakit.

Selain itu, kacang bisa membantu mengatur kadar gula darah. Berikut 3 kacang yang baik dan aman dikonsumsi penderita diabetes. 

1. Kenari 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care, kenari bisa membantu meningkatkan kolesterol baik pada penderita diabetes tipe 2. 

kacang kenari memiliki banyak serat yang lambat dicerna oleh tubuh. Sehingga, kenari tidak memicu lonjakan gula darah. 

2. Almond 

Sebuah penelitian menunjukkan makan almond bisa membantu meningkatkan sensitivitas insulin pada orang dengan pra diabetes. 

3. Mede 

Kacang mede memiliki kandungan lemak lebih rendah dibandingkan kacang lainnya. 

Lebih dari 75% lemak dalam kacang mede merupakan asam oleat yang dikenal sebagai lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung. 

Tidak hanya itu, kacang mede bisa membantu menurunkan kadar gula darah. 

Sebagian besar ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi segenggam kacang setiap hari untuk memiliki tubuh yang sehat.

Baca Juga: Menurunkan Asam Urat, Ini 5 Manfaat Pare untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru