kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penderita Rasakan Rasa Panas di Sendi, Coba Diet dengan 14 Makanan Penurun Asam Urat


Jumat, 09 Juni 2023 / 05:20 WIB
Penderita Rasakan Rasa Panas di Sendi, Coba Diet dengan 14 Makanan Penurun Asam Urat


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Para penderita asam urat akan merasakan rasa nyeri yang menyakitkan dan rasa panas di area persendian. Gout atau sering disebut penyakit asam urat adalah suatu penyakit akibat metabolisme purin yang tidak normal.

Sesuai namanya, penyakit asam urat ditandai dengan meningkatnya kadar asam urat dalam darah. Kondisi itu biasanya akan diikuti juga dengan terbentuknya tofus atau endapan kristal urat di persendian, yang dapat menyebabkan peradangan sendi terutama pada jari jari, pergelangan kaki, tangan, dan lutut.

Jika kadar asam urat dalam darah tak juga dikendalikan, serangan penyakit asam urat berupa rasa nyeri dapat kambuh sewaktu, sehingga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Maka dari itu, penting bagi para penderita penyakit gout untuk dapat mengontrol kadar asam urat dalam darah demi kesehatan. Diet berupa konsumsi makanan penurun asam urat bisa menjadi pilihan untuk meredakan keluhan.

Berikut ini adalah ragam makanan penurun asam urat yang layak dicoba:

Baca Juga: Begini Cara Mengatasi Asam Urat agar Tidak Kumat Lagi

1. Buah apel

Buah apel juga bisa menjadi makanan penurun asam urat. Melansir India Times, apel mengandung asam malat yang dapat menetralkan asam urat dalam aliran darah. Maka dari itu, konsumsi apel secara rutin diyakini dapat memberikan kelegaan bagi siapa saja yang menderita kondisi asam urat tinggi.

2. Cuka apel

Asupan cuka apel juga bermanfaat bagi penderita asam urat tinggi. Untuk memanfaatkannya, Anda bisa menambahkan 3 sendok teh cuka apel ke 1 gelas air. Anda bisa meminumnya 2-3 kali setiap hari. Minum cuka apel dapat membantu dalam mengobati kondisi asam urat tinggi.

3. Buah beri

Buah beri, terutama stroberi dan blueberry bisa menjadi buah penurun asam urat yang baik dikonsumsi secara rutin. Buah ini terbukti memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk mengendalikan peradangan (inflamasi) pada sendi serta mencegah tingginya kadar asam urat dalam darah.

Baca Juga: 4 Cara Alami Menurunkan Kolesterol, Bisa Konsumsi Bawang Putih




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×