Penderita GERD atau Asam Lambung Kronis Harus Jauh-jauh dari Tomat, Ini Alasannya

Sabtu, 02 Juli 2022 | 04:00 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Penderita GERD atau Asam Lambung Kronis Harus Jauh-jauh dari Tomat, Ini Alasannya


KONTAN.CO.ID - Bagi penderita refluks gastroesofageal atau GERD alias asam lambung kronis, sebaiknya hati-hati dalam mengonsumsi makanan. Sebab, ada sejumlah makanan yang bisa memperparah kondisi kesehatan. 

Makanan pedas, bawang putih, bawang merah, dan kopi berada dalam daftar makanan dan minuman terlarang bagi penderita GERD. Akan tetapi, ada satu buah yang jarang diketahui banyak orang yang juga berbahaya bagi penderita asam lambung. Buah tersebut adalah tomat. 

Mengapa demikian?

Melansir palmyrasurgical.com, Selain buah yang manis dan berair, tomat juga sangat asam. Faktanya, tomat mengandung kedua jenis asam utama yang diketahui memicu mulas, yaitu asam sitrat dan malat. Karena keasamannya yang tinggi, tomat dapat menyebabkan mulas yang parah dan refluks asam bahkan ketika hanya digunakan sebagai dasar makanan. 

Ini menandakan bahwa bahkan ketika Anda tidak makan tomat secara langsung, Anda mungkin mengalami mulas dan refluks asam jika menggunakan dalam saus atau bumbu apa pun.

Selain program perawatan GERD Anda, menghilangkan tomat dari diet dapat membantu mengurangi keparahan atau frekuensi mulas dan refluks asam. Karena tomat tersembunyi di banyak makanan (seperti kacang panggang, saus barbeque, dan sambal), sulit untuk benar-benar menghilangkannya dari diet Anda. 

Baca Juga: Nyeri Dada Sebelah Kiri? Kenali 5 Penyebab yang Mungkin Anda Alami

Kabar baiknya adalah banyak penderita yang mengalami gejala mulas menemukan perbaikan hanya dengan mengurangi jumlah tomat yang mereka makan.

Ada banyak pilihan produk menyenangkan lainnya yang dapat Anda masukkan ke dalam diet Anda untuk mengurangi konsumsi tomat. 

Coba tambahkan mentimun, zaitun, atau lobak ke salad Anda untuk menambahkan rasa dan warna pada makanan Anda tanpa beralih ke tomat. 

Terkadang saus barbeque manis dan asam adalah alternatif yang lebih baik untuk mengolesi daging Anda saat Anda mencoba menghindari tomat, sementara olesan kering barbeque seringkali juga bebas dari tomat.

Baca Juga: Kenali Gejala GERD atau Asam Lambung Kronis dan Cara Mengatasinya

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru